Traveling Gratis? Bisa Doong! Ikuti Tips Berikut Yaaa

Traveling atau jalan-jalan ke suatu tempat pasti menjadi impian banyak orang, tidak terkecuali juga dengan saya dong. Sejak gadis saya juga suka traveling dan Alhamdulillah beberapa kali pernah merasakannya baik dengan biaya sendiri bahkan juga pernah dapat kesempatan traveling gratis dan dapat uang saku pula.

lifestyle and traveling


Yes, traveling gratis! Kok bisa? Ya bisa doong. Waktu itu kesempatannya datang saat saya masih jadi mahasiswa. Selain itu pernah juga beberapa kali traveling gratis dan dapat duit pula saat business trip sewaktu kerja, hmm ini masuk traveling gratis juga gak sih? Hihih.
 

Manfaat Traveling Bagi Kehidupan


manfaat traveling


Melakukan perjalanan tentunya akan membuat perasaan jadi senang dan bahagia. Nah, selain buat hati bahagia, ternyata traveling itu punya banyak manfaat baik lho bagi kehidupan kita. Pasti jadi ingin tahu juga kan apa aja manfaat traveling itu yang diantaranya adalah:

  • Menambah Pengalaman dan Pengetahuan; Tentunya dengan bepergian kita akan menambah pengalaman baru dari proses perjalanan kita. Meskipun perjalanan itu berulang dilakukan tapi setiap perjalanan pasti punya cerita tersendiri dan akan menjadi pengalaman baru lagi. Pengetahuan pun juga otomatis bertambah karena kita menjadi tahu tempat baru dengan beragam aktivitas yang ada di tempat tersebut. Kita bisa belajar banyak hal dari apa yang kita temui selama perjalanan.
  • Mengurangi Stress; Healing doong! Pasti banyak yang bilang gitu kan ya ketika kerjaan sudah overload begitupun juga pikiran yang sudah mumet. Dengan melakukan traveling sejenak kita bisa melihat suasana baru dan stress pun bisa berkurang. Cobalah untuk bersenang-senang dahulu, memanjakan diri dan merasakan keindahan alam ini.
  • Melatih Skill Komunikasi; Traveling apalagi ke luar negeri dapat melatih kemampuan bahasa dan juga skill komunikasi kita. Bagaimana kita bertahan di tempat yang baru dengan mengandalkan kemampuan berbahasa kita. Traveling di dalam negeri pun juga butuh skill komunikasi yang mana kita harus bisa menyesuaikan dengan keadaan penduduk lokal terlebih lagi jika mereka masih banyak menggunakan bahasa daerah.
  • Menambah Relasi; Dengan melakukan traveling kita dapat menambah relasi baru karena kita akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai asal daerah maupun negara. Memiliki kecocokan dengan traveler lain selama perjalanan akan menambah jaringan di kemudian hari, baik itu untuk keperluan bisnis maupun bisa menjadi sahabat atau saudara baru yang tidak menutup kemungkinan suatu saat kita akan berkunjung ke tempatnya nanti.
  • Menjadi Kreatif dan Mandiri; Solo traveling atau bepergian seorang diri menuntut kita untuk kreatif agar dapat bertahan selama dalam perjalanan. Kita juga jadi lebih mandiri dan akan lebih dalam mengenal diri sendiri maupun orang sekitar untuk bisa menaklukkan segala kejutan yang ada selama perjalanan.


7 Cara yang Dapat Dilakukan Agar Bisa Traveling Gratis!

Nah, ternyata emang banyak juga ya manfaat dari melakukan perjalanan itu. Tentunya sekarang jadi ingin traveling juga kan atau mungkin malah ingin menjadikan traveling sebagai hobi yang dibayar. Hmm, bisa juga dong karena saat ini sudah banyak orang yang melakukan traveling bukan sekedar menyalurkan hobi ataupun untuk healing semata tapi juga dijadikan sebagai pekerjaan lho. 

tips traveling gratis



Lalu, gimana sih cara agar bisa traveling gratis itu? Yuk, langsung kita simak cara berikut ini ya. 

1. Volunteer

Manfaatkan keahlian kita untuk menjadi seorang volunteer atau relawan. Seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidik, tenaga teknis dan lain sebagainya ini bisa banget ikut menjadi relawan kemanusiaan di saat ada bencana atau situasi yang membutuhkan kita untuk bisa membantu sesama. Eits ta tapi ingat ya, menjadi volunteer atau relawan berarti kita akan mengutamakan tugas sosial daripada misi khusus kita untuk bisa mendapatkan pengalaman jalan-jalan atau traveling gratis. 

2. Tour Guide

Menjadi tour guide atau pemandu wisata tentunya membuka peluang untuk bisa jalan-jalan gratis sambil dapat penghasilan pula. Dengan bekerja sebagai tour guide kita dapat membawa peserta tour ke tempat-tempat bersejarah ataupun ke destinasi-destinasi pilihan yang sesuai dengan paket wisata yang ditawarkan. 

3. Selebgram/Influencer

Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini sosial media mempunyai peran yang cukup penting untuk mempromosikan suatu brand bahkan suatu tempat wisata. Olehnya itu banyak brand ataupun bisnis wisata yang menggandeng selebgram ataupun influencer untuk bekerjasama dalam mempromosikan tempat wisata mereka agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Tentunya jika ingin menjadi selebgram ataupun influencer perlu memperhatikan jumlah followers dan keaktifan dengan followernya juga serta feed Instagram yang rapi agar bisa memikat hati brand untuk bekerjasama. 

4. Blogger dan Youtuber

Selain selebgram atau influencer, Blogger dan Youtuber juga bisa berpeluang untuk merasakan traveling gratis. Dengan memilih niche Lifestyle dan Traveling Blog dan konsisten untuk melakukan review di blog maka nantinya akan mendatangkan klien yang akan mengajak kita bekerjasama untuk mengenalkan tempat wisata mereka. Tidak hanya itu Blogger pun juga perlu memperhatikan cara penulisan yang SEO friendly agar artikel yang ditulisnya bisa masuk pada halaman depan mesin pencari. 

Sedangkan Youtuber bisa mempromosikan konten yang dimilikinya melalui video yang diunggah pada channelnya. Tentu jumlah subscriber juga menjadi salah satu nilai ukur suatu brand ketika hendak mengajak mereka untuk bekerjasama. 

5. Program Pertukaran Pelajar

Bagi mahasiswa yang jiwa travelingnya meronta-ronta bisa banget nih untuk ikut program pertukaran pelajar antar negara ataupun program yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan dengan mengirimkan karya tulis ilmiah. Hal inilah yang saya lakukan pada tahun 2007 lalu, mengikuti Pelayaran Kebangsaan yang membawa saya merasakan jalan-jalan gratis dan bertemu dengan 154 mahasiswa lain dari seluruh wilayah Indonesia. Mendapatkan pengalaman baru dan belajar banyak hal selama masa pelayaran yang berlangsung 10 hari itu. 


6. Giveaway/Quiz Hunter

Aktif di sosial media namun belum punya cukup followers? Tenang, Temans bisa mencoba dengan mengikuti giveaway atau kuis yang berhadiah jalan-jalan gratis. Dengan demikian nantinya Temans akan mendapatkan kesempatan untuk bisa traveling gratis sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh penyelenggara giveaway atau kuis yang diikuti. 

7. Redeem Air Miles 

Bagi yang sering melakukan perjalanan bisnis which is dibiayai dari perusahaan, bisa banget nih untuk menjadi member dari setiap maskapai. Keuntungannya adalah nantinya kita bisa menukar air miles atau poin yang kita kumpulkan menjadi sebuah tiket gratis untuk jalan-jalan sesuai dengan destinasi yang kita inginkan lho. 



Penutup

Melakukan perjalanan pasti menjadi sebuah impian banyak orang tidak terkecuali pun juga dengan saya karena di balik traveling itu sesungguhnya punya banyak manfaat bagi kehidupan lho. Apalagi jika bisa melakukan traveling gratis plus kita pun juga dibayar, maka akan jadi double dong kebahagiannya. 

Temans sudah ada yang pernah traveling gratis juga kah? Sharing di kolom komentar juga yuk gimana keseruannya. Nah, bagi yang ingin merasakannya juga, Temans bisa lakukan Tips Traveling yang sudah saya sebutkan tadi ya. 




Cheers, 
Diah
Next Post Previous Post
7 Comments
  • Haryadi Yansyah
    Haryadi Yansyah 22 Juli 2022 16.48

    Beberapa tipsnya udah aku buktikan langsung :) alhamdulillah dari ngeblog eh jadi diundang ke sana-sini. Menang hadiah juga pernah dan dihadiakan jalan-jalan gratis. Terakhir, jadi TL bantuin usaha travel punya temen. Next, maunya sih ngerasain jadi sukarelawan. Udah pernah daftar tapi belum berjodoh dan belum berkesempatan jalan-jalan sambil berbuat sesuatu gitu.

  • Mas Prim
    Mas Prim 22 Juli 2022 23.41

    Wah yang poin redeem air miles ini aku baru tau mbak. Iya, mayan juga ya kalau beberapa kali perdin dapat poin trus bisa ditukar jalan2 gitu.

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 24 Juli 2022 11.03

    Aku belum pernah travelling gratis kalau dari blogger/youtuber karena memang konten blognya bukan tentang perjalanan.

    Paling pernah jadi volunteer zaman kuliah dulu. Sama di kerjaan sih karena mengharuskan bepergian ke luar kota. Ya, walau traveling saat kerja harus pandai mencuri waktu, tapi setidaknya bisa mencoba tempat-tempat baru.

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 25 Juli 2022 20.17

    Eh sekarang banyak yang menganggap healing traveling untuk menghilangkan stres. Tapi harus pakai uang pribadi, jangan sampai menggunakan kartu kredit. Ntar pulang healing tetep aja stres, hihii

    Alhamdulillah udah beberapa kali ikut trip gratis sejak jadi blogger, paling enggak bisa menikmati suasana daerah lain dan kulinernya juga. Kalo traveling sampai keluar negeri gratis pernah juga, waktu diundang untuk kunjungan ke hospital di Malaysia. Bersyukur dengan rejeki ini, dan menganggap juga keberuntungan menjadi blogger

  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com 25 Juli 2022 20.52

    Hyaaa.. alhamdulillah udah pernah merasakan traveling "gratisan" ini
    akibat kerja - dan sekarang blogger. Bahagianya beda kalo traveling itu. Senang jelas walau capek, terganti menikmati suasana baru

    Seneng banget ini bacanya, semoga aja bisa dapat lagi giveaway atau hadiah menang lomba atau .. malahan review!

  • Bunsal
    Bunsal 26 Juli 2022 07.24

    Alhamdulillah, semacam sudah merasakan semuanya, kecuali redeem air miles.
    Tinggal merawat mimpi, ngetripnya ke luar negeri, karena sebelumnya banyakan di dalam negeri saja.

  • Antung apriana
    Antung apriana 26 Juli 2022 08.29

    aku belum pernah coba semua. hihi. mungkin karena bukan yang termasuk pecinta traveling jadinya woles aja soal traveling ini.

Add Comment
comment url