Ayo Hidup Sehat! Biasakan Anak Untuk Sarapan Setiap Hari

Menerapkan pola hidup sehat sudah menjadi gaya hidup masa kini. Banyak cara yang dilakukan seperti olahraga, mengatur pola makan, diet sehat, minum air putih yang cukup, serta tidur yang cukup pun sudah menjadi kebiasaan baik di tengah masyarakat. 


pola hidup sehat

Sebagai seorang Ibu, salah satu tugas yang tidak tertulis dalam job descnya adalah memastikan seluruh anggota keluarga agar selalu sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuknya itu sebagai Ibu juga harus bisa mengajak agar seluruh keluarga bisa menerapkan gaya hidup sehat, terlebih lagi bagi anak-anak yang memang masih dalam masa pertumbuhan. 

Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tentunya setiap orang menginginkan agar selalu sehat dan terhindar dari segala keluhan penyakit. Olehnya itu sangat penting untuk bisa menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu fit dan dapat menajalani hari-hari dengan baik. Terlebih di masa new normal ini kita masih tetap dituntut untuk bisa menjaga kesehatan diri dan juga keluarga. 

Menerapkan pola hidup sehat jelas sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Selain menjadikan tubuh fit dan bugar, dengan menerapkan pola hidup sehat maka akan memberikan manfaat lain seperti meningkatnya imun tubuh yang mana dapat berperan untuk mencegah dan melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu kitapun juga dapat mencegah dan menurunkan berbagai risiko penyakit kronis yang kemungkinan menghinggapi di masa yang akan datang seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes dan berbagai penyakit kronis lainnya. 


Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Dengan mengetahui manfaat dari penerapan pola hidup sehat, maka kita akan berusaha untuk bisa selalu sehat dan melaksanakan semua hal-hal baik untuk kesehatan kita antara lain: 


  • Rutin Berolahraga; Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa olahraga salah satu cara yang dapat ditempuh agar mendapatkan hidup yang sehat. Kita bisa memulai olahraga ringan seperti berjalan kaki keliling kompleks seperti yang biasa saya lakukan dan melibatkan anak-anak juga untuk ikut serta. Bukan hanya di kompleks saja, terkadang jika saya yang mengantarkan Si Kakak ke sekolah, maka sambil menunggu waktu pulang saya menyempatkan diri untuk berjalan mengelilingi Taman MTQ yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari sekolah Si Kakak. Ini juga bisa jadi me time agar perasaan menjadi bahagia. 
  • Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang; Mengonsumsi makanan bergizi juga menjadi cara hidup sehat. Cukup karbohidrat, lemak, protein, serat dari sayuran maupun buah-buahan setiap hari serta konsumsi air putih yang cukup setidaknya 2 liter sehari. 
  • Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan; Menjaga kebersihan juga sama pentingnya agar kita tidak mudah terkena bakteri maupun virus yang kasat mata. Menjaga kebersihan juga salah satu ajaran Agama bagi kehidupan sehari-hari, bersih itu sebagian dari iman. 
  • Berpikir Positif; Bukan hanya memperhatikan kebutuhan fisik semata tapi kita juga harus menjaga mental kita dengan cara selalu berpikir positif, mengelola stress dengan baik, tidak mudah terprovokasi suatu hal yang tidak jelas. 
  • Istirahat yang Cukup; Penuhi kebutuhan istirahat dengan baik, bagi dewasa minimal 6 - 8 jam sehari. Sedangkan untuk anak 12 - 14 jam dalam sehari. 


Ide Menu Sarapan Pagi Untuk Anak 


Mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat termasuk untuk mengajarkan anak untuk rutin sarapan pagi karena sarapan pagi memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh yang mana dapat mengontrol kadar gula darah, meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan jantung hingga dapat pula menurunkan berat badan agar anak tidak memiliki risiko obesitas dini yang dapat menyebabkan diabetes. 


cara hidup sehat


Agar anak ingin rutin sarapan, sebaiknya diawali dengan memberikan contoh bahwa orangtua pun juga rajin sarapan. Karena anak sesungguhnya akan mudah mencontoh prilaku dan kebiasaan dari orangtuanya,  maka jika orangtua rutin sarapan pagi maka anak pun juga akan terbiasa dan senang melakukannya. 

Nah, agar anak mau menerapkan pola hidup sehat seperti sarapan pagi, maka PR Ibu harus memperhatikan banyak hal tidak hanya sekadar makan enak saja tapi juga tentang nilai gizi seimbang sesuai dengan anjuran isi piringku. Berikut beberapa ide menu sarapan pagi untuk anak yaitu: 

1. Pancake

Pancake atau panekuk ini adalah salah satu kue yang mudah dan praktis disajikan. Bahan yang harus disiapkan pun juga tidak banyak dan no ribet-ribet club deh.  Cukup dengan tepung terigu, gula dan susu segar yang bisa dicetak di atas teflon atau wajan datar. Memasaknya pun tidak butuh waktu lama dan bisa disajikan dengan aneka toping kesukaan anak seperti coklat, keju, selai ataupun madu.

2. Nasi Goreng

Punya nasi sisa semalam? Langsung saja kreasikan menjadi nasi goreng yang dicampur dengan telur, bakso dan sosis jika ada tentu akan menjadi santapan lezat yang akan mengundang selera anak untuk sarapan pagi. Ini jadi menu favorit keluarga saya dan tentu jadi andalan saya karena anak-anak pantang berhenti sebelum nasi gorengnya habis. 

3. Roti Tawar Bakar 

Roti tawar bakar bisa menjadi pilihan menu sarapan pagi yang juga pasti disukai anak-anak. Bisa diberi isian telur dadar, coklat, selai kacang ataupun keju kemudian bakar/panggang sebentar di teflon atau roaster jika ada. 

4. Sereal

Menu sarapan pagi yang simple dan bergizi lainnya yang dapat menyelamatkan Ibu dan Anak di pagi hari adalah sereal. Tentu anak-anak akan suka jika disuguhkan sarapan dengan sereal. Dalam sereal memiliki manfaat yang dapat memberikan energi tambahan, memperlancar pencernaan, menjaga berat badan dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sereal. 

5. Mie Sehat Lomonilo

menu sarapan pagi

Salah satu ide makan sehat yang pasti disukai oleh anak adalah mengkonsumsi Mie Sehat Lemonilo saat sarapan pagi. Mie Lemonilo terbuat dari bahan alami yaitu dari saripati sayuran yang aman dikonsumsi meski setiap hari karena prosesnya tidak digoreng melainkan dipanggang. Jadi, gak khawatir lagi dong jika anaknya tiap hari minta makan mie, kan sekarang udah ada Lemonilo. 


Penutup

Memiliki gaya hidup sehat dapat dilakukan sedari dini. Peran Ibu sebagai manajer dalam keluarga mengatur semua kebutuhan keluarga termasuk memiliki pola hidup sehat. Memastikan agar semua anggota keluarga dapat menerapkan cara hidup sehat. Salah satu cara yang bisa ditempuh Ibu adalah dengan mengajarkan dan membiasakan anak untuk sarapan di pagi hari karena kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 


Jadi, Ibu sudah siapin menu apa nih untuk sarapan anak dan juga keluarga pagi ini? Ayoo, berbagi ide bersama ya dan semoga keluarga kita selalu dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. 



Semoga bermanfaat. 




Cheers, 
Diah


Next Post Previous Post
4 Comments
  • Allamandawi
    Allamandawi 18 Juli 2022 20.01

    Pengen coba lemonilo jg soalny sejauh ini belum pernah coba mie satu ini padahal katanya mie ini sehat

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 24 Juli 2022 06.11

    Membiasakan sarapan itu penting ya Mba, soalnya anak kan mau beraktivitas seharian, jadi kalau belum sarapan malah kasian jadinya. Lemonilo kesukaan anakku nih Mba. Mienya sehat, tanpa kandungan pengawet dan penguat rasa. Jadi engga khawatir kasih Mie ini ke anakku

  • Lisa Lestari
    Lisa Lestari 25 Juli 2022 03.42

    Alhamdulillah, sejak kucil dulu alm ibu saya selalu memaksa anaknya untuk sarapan. Kebiasaan ini pun kebawa setelah saya punya anak. Bahkan menu sarapan dan bekal itu biasanya kami susun pas hari Sabtu malam untuk menu satu minggu ke depan.

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 25 Juli 2022 05.40

    Si sulung di rumah sukaa banget makan Lemonilo untuk sarapan apalagi yang mie gorengnya. Di rumah juga membiasakan mereka nggak jajan sembarangan jadi lebih banyak menu dibuat sendiri oleh saya misalnya daging-daging diolah jadi rolade, nuget, dan bakso. Suka sih kalau anak mau dan lahap makannya. Tinggal saya aja yang rajin bikin...hihi.

Add Comment
comment url