My Blog Plan 2022: Traffic Blog Meningkat, Cuan Merapat!

Ikut Kelas Gratis BRT Network di bulan Desember ini adalah salah satu keputusan terbaik saya di 2021 ini. Why? Kenapa? Ya apalagi kalau bukan karena dengan ikut kelas ini saya jadi bisa belajar banyak hal. Tidak hanya tentang blogging saja tapi juga kerja sama antar tim, ketelitian, ketekunan, perencanaan, evaluasi, dan masih banyak hal positif lainnya yang kami pelajari dari kelas singkat ini. 


blog plan 2022 trafik meningkat


Ups, tidak terasa kami juga sudah hampir masuk ke penghujung kelas. Sama halnya dengan tahun 2021 ini yang tidak lama lagi berganti. Oh ya, biasanya di bulan Desember orang sudah mulai sibuk mengevaluasi target tahun berjalan dan membuat perencanaan untuk tahun berikutnya. Istilah kerennya, resolusi. 

Nah, ngeblog juga harus seperti itu lho! Emang kenapa sih harus ada target ngeblog segala dan dituangkan ke dalam blog plan? Hmm, mau tahu apa mau tahu banget nih? 😁


Lebih Dekat dengan Blog Plan 


Masih lanjutan cerita dari kelas gratis BRT nih ya. Setelah materi dari tiga Coach sebelumnya, Senin 13 Desember kemarin, giliran Mbak Marita Ningtyas yang membawakan materi seputar Blog Plan. 

Ada yang masih asing dengan blog plan? Saya sebenarnya cukup sering lihat hal ini tapi masih belum konsisten mempraktikkannya. Iyah, saya ngaku deh karena malas dan gak mau ribet urus blog plan segala. Eh tidak juga deng karena beberapa kali saya juga menuliskan rencana ngeblog saya dalam setahun ke depan kok, tapi karena selalunya rencana ngeblog saya hanya sekedar rencana saja namun keberhasilannya tidak tercapai jadilah belakangan saya semakin masa bodoh dengan blog plan ini. 

Oke deh lanjut yuk! 
Jadi, menurut Coach Marita, jika ingin sukses ngeblog kita tentu juga perlu untuk merencanakan postingan-postingan dengan sebaik-baiknya. Apalagi sudah ikut di kelas BRT ini tentu kita disini semua ingin menjadi Blogger Prefesional, makanya mulai dari sekarang gak boleh ngeblog yang asal aja alias semaunya karena dengan membuat blog plan sebenarnya kita itu sedang merencanakan arah proses blogging yang kita jalani. 

Let's say dengan adanya blog plan ini kita jadi punya pegangan untuk melangkah, punya back up plan juga jika misal plan A stuck di tempat atau pas lagi buntu ide. Nah sebelum berlanjut dan kita jadi kena sindrom yang paling ditakuti oleh penulis yaitu writer's block, blog plan inilah yang bisa jadi penolong. 

Secara garis besar, blog plan itu berisi: 

  • Tujuan yang ingin dicapai
  • Niche/Kategori tulisan
  • Jadwal posting 
  • Bank Ide
  • Membuat Outline

Tentu dengan adanya blog plan ini kita jadi semakin bisa menggali lagi ide yang ada dan bisa langsung dieksekusi ke dalam sebuah postingan. Bagi yang punya lebih dari satu blog seperti saya pun jadi lebih mudah dalam mengatur waktu dan ide tulisan, apalagi jika mengusung tema/niche blog yang sama atau tidak jauh beda. 


Jenis-Jenis Blog Plan


Menurut Coach Marita blog plan bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:


Yearly/Tahunan; 

Disini kita bisa menetapkan tujuan ngeblog tahun X, apa saja yang ingin dicapai dari blogging. Misalnya: traffic blog sekian, DA/PA/DR sekian, jumlah income dari blog, dll. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa sebutkan hal-hal apa yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan ngeblog tadi. 

Jangan lupa, lakukan evaluasi di akhir tahun. Jangan sampai nih blog plan udah dibuat secanggih mungkin tapi pada akhirnya ternyata cuma plan doang, gak ada yang teralisasi. Nah, ini bisa jadi bahan evaluasi kita untuk ke depannya. 


Monthly/Bulanan;

Caranya bisa dengan breaakdown atau mengurai rencana tahunan menjadi rencana satu bulan ke depan:

  • merencanakan jumlah artikel yang akan dihasilkan pada bulan tersebut.
  • merencanakan jadwal postingan setiap hari/ per dua hari sekali.
  • mencatat hari-hari besar di bulan itu, apakah akan membuat postingan dengan tema tersebut. 


Weekly/Mingguan: 

Hampir sama dengan rencana bulanan, disini kita bisa mengurai lagi rencana bulanan menjadi mingguan dengan cara:

  • menetapkan jadwal posting
  • merencanakan kategori dan tema postingan
  • menuliskan tujuan: misal ada lomba blog di pekan tersebut
  • mencatat hal-hal yang harus dilakukan pekan itu: mencari referensi tulisan, menyiapkan infografis, wawancara narasumber, dsb.

Daily/Harian;

Ini bisa disebut juga dengan outline. Bisa memudahkan kita ketika menyiapkan sebuah postingan, ketika posting bahkan setelah posting. Di dalam sebuah outline, bisa berisi hal-hal berikut ini:

  • Tema, kategori, judul
  • Tanggal terbit
  • Keyword
  • Latar belakang pembuatan artikel
  • Tujuan dan manfaat
  • Narasumber, konten pendukung yang dibutuhkan
  • Kesimpulan
  • Daftar pustaka/ sumber/ referensi
  • Checklist SEO On Page

Kalau saya sendiri sih lebih sering menggunakan outline ini ketika ingin posting karena dengan outline kita bisa tracking kerjaan kita. Udah sampai mana nih. Apalagi jika ikut sebuah campaign yang sudah jelas briefnya. Ini bisa memudahkan lho dalam mengecek tugas kita. 


Manfaat Blog Plan 


manfaat blog plan mudahkan harimu ngeblog


Nah, lebih jelasnya manfaat blog plan itu seperti ini ya: 


1. Membantu Teratur dan Konsisten Posting

Dengan adanya blog plan kita jadi lebih teratur dalam mengupdate blog. Waktu updatenya juga kita bisa rencanakan dari awal. Apakah ingin setiap hari, 3 hari sekali atau hanya seminggu sekali. 

2. Merencanakan Konten yang Seimbang

Tiap blog pasti punya label atau kategori utama: parenting, lifestyle, info blogging, traveling, review dll. Nah melalui perencanaan di awal, kita bisa menyusun jadwal posting berdasarkan kategori. Jadi tidak ada label yang lebih banyak jumlahnya atau malah ada label yang postingannya hanya hitungan jari karena kita jarang mengupdatenya. Misalnya: Senin - parenting, Selasa - Lifestyle, Rabu - Blogging, dan seterusnya. 

3. Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca 

Makin kesini, rasanya kita ngeblog itu tidak hanya sekedar menyalurkan hobi bukan? Tapi blog bisa jadi tempat kita berbagi konten yang diminati oleh pembaca. Caranya cari konten yang paling banyak diminati oleh pembaca di blog kita, disini deh gunanya risearch keyword, yang bisa kita cek juga tuh lewat GSC. 

4. Tandai Hari-hari Spesial. 

Ide buat konten itu bisa lho datangnya dari hari-hari spesial. Hari Anak Nasional, Hari Guru, Hari Blogger Nasional atau yang sebentar lagi kita peringati Hari Ibu. Nah, bisa kan dari jauh hari kita persiapkan untuk buat konten itu. 

5. Memilih Ide Terbaik

Dengan adanya Blog Plan dapatt membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan dieksekusi terlebih dahulu. Misal nih udah dilist 30 tema untuk satu bulan, kita bisa kok utaak-atik lagi tema yang ada. Kayanya tema yang harusnya posting pekan depan cocok diposting hari ini, tema ini pas nih dengan content replacement ini, endesbrei endebrei.

6. Tidak Ada Alasan Buntu Ide
Siapa nih yang suka alasan belum update postingan karena buntu ide? *nanya sambil ngaca*
Nah, ketika tema-tema yang akan kita tulis sudah ada dalam genggaman, tidak ada alasan lagi bilang buntu ide saat proses ngeblog. Kalau masih saja gagal posting sesuai jadwal, ya berarti kesalahan emang ada pada kita yang time managementnya masih kurang benar atau mungkin dari sononya aja sih malas? *ups!


7. Mencari Postingan Lebih Cepat
Salah satu kemudahan dari blog plan yaitu jika kita juga mencatat link postingan yang sudah tayang di dalam blog plan yang kita buat, kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah. 

8. Menghemat Waktu
Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini? Heii, kita sudah punya daftar topik tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian lho jika menggunakan blog plan ini. Topik itu bisa kita modifikasi dari tema-tema ODOP yang mungkin sebelumnya kita ikuti tapi gagal di tengah jalan. 


Blog Plan Mudahkan Hari dalam Ngeblog


Gimana, udah kebayang dong ya betapa blog plan ini akan memudahkan hari kita dalam ngeblog. Apalagi blog plan itu bisa kita buat sesuai kebutuhan lho. 

Selama ini sih saya kalau mau nulis ya nulis aja. Makanya postingannya masih tidak teratur, apalagi karena memang punya lebih dari 1 blog ya otomatis akan ada yang dianak tirikan, seperti blog yang sedang Temans bacaa ini nih. Postingannya itu kalau moodnya datang atau kalau pas ada job *pengakuan!

Makanya pas di kelas Mbak Marita kemarin saya jadi kayak dijewer keras dibuat materinya. Iyah, iyah, sekarang saya tidak mau lagi deh santai dan bilang buntu ide nih buat nulis. Padahal kan ide itu sebenarnya ada sih tapi sok sibuk aja jadinya ya gak diposting. Suerrr, di dashboard blog ini udah ada beberapa draft lho yang nongkrong dari kapan waktu tapi sayanya belum juga menyelesaikannya. 

Padahal dengan adanya blog plan bisa banget mudahkan hari kita dalam ngeblog tuh. Secara nih, blog plan kan bisa dibuat dengan senyaman kita. Dalam pembuatannya, blog plan itu bisa dibuat dengan secara: 

  • Manual: blog plan yang ditulis pada buku/jurnal.
  • Digital: bisa buat lewat aplikasi yang bisa diunduh di Play Store, bisa juga buatnya di Excel ataupun Spreedsheet yang disimpan di Google drive yang bisa kita update secara online dan real time. 
  • Printable: Ini gabungan keduanya, manual dan digital. Jadi templatenya bisa cari di Pinterest ataupun buat sendiri di Canva sesuai dengan design kita lalu diprit dan diisi dengan tulisan tangan kita.


Buat Blog Plan Yuuuk


Ahaaa,  2021 sudah di depan mata nih Temans. Saatnya buat blog plan juga yuk. Target ngeblog saya di 2021 ini pengennya traffic blog ini bisa meningkat biar cuan juga bisa merapat ke blog ini. 

Seperti yang sudah saya bilang tadi kan, kalau blog ini memang jarang dioptimasi. Cuma posting doang, share ke sosmed, blogwalking itu juga kalau kerjaan di blog utama udah beres. Nah, gak mau dong blog ini jadi sarang laba-laba mulu, saya juga mau blog ini bisa bermanfaat buat semua. Jadi seperti inilah blog plan saya di 2022. 

diahalsa blog plan 2021 semangat



Temans bisa lihat kan blog plan saya ini berisi hal-hal yang tidak jauh dari optimasi blog. Iyah, PR banget kan ya ini biar blog juga bisa ikuti standard parameter SEO yang sudah dipelajari selama dua minggu ini. Saya juga ingin blog ini lebih hidup dengan konsisten update blog. Lah gimana target traffic blognya mau tercapai kan kalau postingannya gak update dan tidak sesuai yang dicari pembaca. 


Oh ya sekalian nih saya juga share blog plan mingguan saya nih untuk 13 - 18 Desember 2021


🗒️Blog Plan; 13-18 Des'21

1. Cicil ubah image postingan blog yang sudah publish (13-14  Des)
2. New blog post: My Blog Plan 2022 (15 Des)
3. SEO Offpage (15 Des)
4. Cicil update postingan lama sesuai parameter SEO (16 Des)
5. New blog post: Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak (17 Des)
6. Blogwalking (18 Des)


Kalau udah buat blog plan gini rasanyaa lebih mudah tracking aktivitas ngeblog kita deh, beneran. Gak percaya? Coba aja yuk mulai dari mingguan. Bagi yang biasa menyusun belanja bulanan atau mingguan ini gak jauh beda kok dengan menyusun blog plan, serius deh. 


Keseruan Kelompok G Belajar Blog Plan


Di minggu kedua ini, kelompok kami dirolling lagi sehingga saya bertemu blogger-blogger lain dan hampir seminggu ini kami belajar dan diskusi di kelompok kecil, iyes komunikasinya masih via WhasApp Group. Mereka ini semua emak-emak blogger juga dan tidak kalah seru dengan kelompok sebelumnya. 

Waktu pertama lihat saya sekelompok dengan Mbak Echaimutenan - emaknya Chuchut dan 3R, duuh saya dag-dig-dug lho. Secara Mbak Echa ini mah udah blogger senior yang sudah terkenal branding ngeblognya, belum lagi trafik blognya yang ribuan bahkan bisa puluhan ribu dalam sehari. Senaang dong, apalagi Mbak Echa itu di grup ternyata ramai dan humble, paling ingat deh kata-katanya.

 "Bisa kok buat artikel 3 kali seminggu,  5 kali seminggu malah bisa. Selama dibayar. Aku kalau males pasti berusaha inget uangnya jngan capeknya nulis atau poto." 

Hahahah, betul baanget itu Mbak Echa, kalau lagi malas jangan diturutin ya, tapi ingat kalau nulis itu bakalan datangkan cuan juga. Mungkin bukaan sekarang, mungkin besok atau lusa, yang penting tetap semangat. Jadi, 


Selain Mbak Echa ada Mbak Iva C Whicha, Mom Blogger satu ini sering menulis tentang parenting di blognya. Saya baru sadar kalau selama ini kita sudah lama saling follow di sosmed dan juga beberaapa kali bareng di WAG Blogger tapi tidak pernah saling menyapa. Salut banget lho dengan Mbak Icha yang sekarang lagi hamil tapi tetap semangat belajar di Kelas  Gratis BRT Network ini. Anaknya nanti bakalan jago nih buat perencanaan. 

Gak hanya Mbak Iva aja lho di grup saya ini yang niche blognya parenting, ada Mbak Nimas Achsani juga nih yang ternyata sudah langganan menang lomba blog lho. Wiiih keren. Sekarang lagi membangun blog keduanya juga seperi saya. *tooos online yuk Mbak. 

Last but not least ada Mbak Rania Fardyani yang nama menurutku nama blognya itu unik, honeymoonjournal. Katanya blognya ini berisi perjalanan "bulan madu" nya bersama keluarga, Mbak Rania ingin pernikahannya selalu semanis madu, dari saat ini sampai ribuan jam yang akan mereka lalui bersama. Ihiiyy, ini juga well plan banget dong. Mari kita Aamiinkan, yuk!

Kami memang baru beberapa hari bergabung dalam satu grup, masih belum saling mengenal begitu akrab tapi mereka punya kelebihan masing-masing dan kami punya rencana ngeblog yang sama yaitu meningkatkan pageview atau trafik blog. Bahkan Mbak Echa aja mengaku ingin pageview blognya bisa kembali seperti dulu lagi, juga komen-komen di blognya ramai lagi. Ayooo Moms, semangaaat kitaaa. 


Kesimpulan


Gak bisa dipungkiri kalau dengan membuat blog plan itu akan buat kita menjadi lebih terarah lagi dalam ngeblog. Tidak ada kata mager lagi buat rajin ngeblog karena kita sudah menyiapkan rencana harian kita, mingguan, bulanan bahkan setahun ke depan. 

Gak ada lagi istilah buntu ide, secara kita punya bank ide segitu banyaknya. Malah akan lebih fleksibel dan kita juga bisa me time dong. Tinggal kita sesuaikan saja kapan waktu postingnya, cari literatur dan buat infografis untuk menunjang postingan kita jaadi semakin kece lagi. 

Yeaay, 2022 semangat ngneblog untuk tingkatkan trafik biar cuan semakin merapat, Aamiin. 
Temans juga jangan lupa buat blog plannya ya :)


Semoga bermanfaat.





 Diah
Next Post Previous Post
16 Comments
  • reyneraea.com
    reyneraea.com 15 Desember 2021 14.40

    Luaaarrr biasa mamak ini, makin kece aja ngeblognya, nular... nular... KE sini dong semangatnya, biar diriku ikutan semangat ��

    Diriku sebenarnya sedikit udah nerapin blog plan gini, cuman karena akoh malas nulis, jadinya dicatat di pikiran, besok lupa ��

    Betul banget tuh, kalau bikin blog plan, jadi lebih terarah dan tau apa yang kudu dilakukan ��

  • Wa Saripah
    Wa Saripah 16 Desember 2021 14.16

    Keren say...

  • Rani Noona
    Rani Noona 17 Desember 2021 11.32

    Ijin nyimak dengan kecantikan paripurna

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 18 Desember 2021 13.11

    Pada masa suatu hari saya sangat rajin membuat blog plan tetapi kemudian saat merealisasikannya saya menjadi tersendat karena saya merasa tidak mempunyai outline. Jadi saya pikir untuk membuat blog plan harus disertai dengan outline sehingga saat merencanakan dan menulis blog sesuai dengan blog plan kita menjadi lebih terarah

  • Maria Tanjung
    Maria Tanjung 19 Desember 2021 18.37

    Saya mau juga ah buat blog plan yg selama ini hanya rencana di bibir. Semoga bisa mengikuti jejak nya mba Diah dalam membangun blognya

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 19 Desember 2021 19.08

    Aw aw aw... Baca ini jiwa malasku tertampar nih. Belakangan ini yg tadinya seminggu dua kali jadi seminggu sekali. Udah beberapa kali nentuin jadwal posting tp realisasi cuma jalan seminggu dua minggu doank. Hiks hiks sedih

    Padahal mau jg traffic naik dan cuan naik nih. Huhu emang baikny jgn cuma kepengej doank ya. Eksekusi

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 20 Desember 2021 13.26

    sungguh ku iri dengan blog plan mba diah ini, boleh yah contek2 dikit untuk blog plan ku mba. btw aku aminkan juga itu harapannya traffic blog meningkat, cuat merapat. SEMANGAT !!!

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 21 Desember 2021 06.45

    Blog planmu keren banget, Mbak. Bener banget nih, karena kalau udah ada jadwal dan target, pastinya gak akan buntu ide. Terus kita jadi semangat dsn blog makin terawat.

  • Andrie K.
    Andrie K. 21 Desember 2021 11.51

    Memiliki traffik blog yang tinggi memang impian banget, oleh karena itulah harus di manajemen dengan baik blognya biar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Penting nih dicatat tips-tipsnya hi

  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M 24 Desember 2021 11.29

    Emang penting ya kak, sebagai seorang blogger profesional yang memiliki blog planner. Sya juga masih terus belajar untuk selalu update.

  • Rini Rahmawati
    Rini Rahmawati 26 Desember 2021 15.57

    ternyata blog plan itu penting ya supaya penulisan kita di blog bisa lebih terarah

    terimakasih atas postingannya mbak, bisa jadi acuan untuk kita supaya lebih baik lagi dalam menulis di blog

  • Ainhy
    Ainhy 28 Desember 2021 00.24

    Akhirnya ilmu yang didapat tidak hanya dikonsumsi sendiri ya, tapi berbagai melalui tulisan. Blog plan memang perlu mbak agar terarah.

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati 28 Desember 2021 08.47

    Jika direncanakan akan mudah pula dievaluasi ya... Mau nyoba praktik juga ah.. Biar ngeblognya lebih terarah...

  • Syahri
    Syahri 28 Desember 2021 09.49

    Berarti supaya blog tetep update dan memiliki jadwal perencanaan kedepannya, blog juga harus dibuat plan blog juga ya mbak. Wah, saya gak sampe mikir kesitu.

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 29 Desember 2021 20.24

    Masya Allah sangat terbantu dengan sharingnya. Selama ini udah ngeblog tapi belum terjadwal rapi. Sejak anak PJJ jadi malas nulis organik, malah bayak rebahan aja hiks.

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 30 Desember 2021 14.02

    Aku tu suka iri kalau ada yang begitu detail dan totalitas ngurusin blog. Pengen ikutan. Sayangnya belum juga bisa ngikutin. Huhu

Add Comment
comment url