Kelas Gratis BRT Network: Optimasi Blog Jadi Lebih Semangat

Sejak tidak jadi working mom lagi karena project yang sudah berakhir, saya kembali rutin ngeblog. Hobi yang sudah lama saya jalankan karena selain menyenangkan, belakangan ngeblog memang jadi salah satu tempat saya mencari penghasilan. Apalagi sekarang sudah tidak terima gaji sendiri lagi kan jadi dong harus cari cara biar tetap bisa punya duit sendiri. 

belajar optimasi blog di Kelas Gratis BRT Networkbelajar optimasi blog di Kelas Gratis BRT Network

Blog ini pun jadi blog kedua saya yang memiliki domain. Demi apa? Ya demi cuan doong, heheheh. Nah, makanya itu saya pun jadi semangat ikut kelas-kelas gratis yang diselenggarakan oleh komunitas blog yang saya ikuti. Seperti yang sekarang sedang berjalan adalah Kelas Gratis BRT Network


Meski sudah lumayan lama ngeblog, tapi kesehatan blog saya itu sebenarnya masih sangat mengkhawatirkan. Saya selama ini menganggap blog saya baik-baik saja. Toh sudah pilih template yang responsive dan katanya SEO friendly. Selama ini fokusnya selalu kejar DA/PA juga traffic blog. Eits, namun faktanya tidak seperti itu lho, Marimar! Ketika dicek dengan meta inspector masih banyak merahnya dan itu harus segera dibetulkan sebelum berlarut dan terus merusak performa blog. 


Yeaay, Akhirnya Ikut Kelas Gratis BRT Network


Ini bukan kelas pertama dan gratis dari BRT, sebelumnya sudah pernah berapa kali BRT Network membuka kelas bagi penghuni Blogger Ruang Tunggu ini. Ohya, BRT Network adalah arena bermain dan belajar Blogger Indonesia yang diinisiasi oleh Mbak Monica Anggen dan Mas PeWe sejak tahun 2019 lalu. 

Sebenarnya tiap kali dapat kabar kalau BRT Network bakalan ngadain kelas gratis, jiwa haus ilmu saya tentu membara, kelasnya gratis pun! Kapan lagi coba bisa belajar gratis? Namun sayangnya saya selalu takut karena dengar-dengar kelasnya itu sangat disiplin dan para peserta harus tahan banting. Harus rajin mengerjakan tugas, tangguh dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu saja sih, kalau gak salah di beberapa kelas sebelumnya itu hanya dibuka khusus untuk blogger yang DAnya di bawah 20 dan blog yang digunakan adalah blog utama. Karena kelas-kelas yang terdahulu itu memang fokus ke DA, kelas naikin DA. Jadilah kesempatan saya untuk belajar saat itu pupus sudah. 

Di lain waktu, saya sudah berniat untuk ikut kelas, eeh tapi pas baca form pendaftaran aja udah pusing karena banyaknya pertanyaan yang harus dijawab. Kayaknya nih memang semacam tes awal ketangguhan gitu deh, seberapa gigih sih calon peserta ingin ikut kelas? Heheheh. Jadi, sekali lagi saya gagal masuk kelas *eh

Hingga akhirnya di minggu kedua November lalu, BRT kembali mengumumkan akan membuat kelas gratis lagi dan kali ini kelasnya lebih komplit karena bukan hanya khusus naikin DA tapi juga akan belajar semua hal tentang blogging. Wow, sounds amazing! 

Bismillah, saya pun mencoba isi formulir pendaftaran lagi daan yeaay, akhirnya dapat undangan masuk kelas juga. Alhamdulillah, senangnyaaaa! Secara emang udah lama menunggu kesempatan ini. Pokoknya saya harus bisa masuk kelas dan serap semua ilmu yang dibagikan oleh para Coach. Gak kalah pentingnya lagi saya harus bisa sampai ke final bukan pulang di tengah jalan karena tereliminasi. Jadilah Mamak harus tekun nih belajarnya! 


Alasan Ingin Belajar di Kelas Gratis BRT Network


Lho, katanya kelas BRT Network itu harus tahan banting. Terus ngapain juga mau susah-susah ikutan belajar di sana? Ahaa, karena itulah biar saya bisa jadi tahan banting juga dalam menghadapi persaingan di dunia blog ini. Masa ngeblognya gitu-gitu aja terus? Orang yang baru ngeblog kemarin aja sudah jago optimasi blog dengan baik, masa ngakunya udah lama ngeblog tapi cuma bisa nulis doang itu juga sangat standar. Nah, mumpung ada kesempatan dan jalannya terbuka, inilah saatnya bangkit juga. 

alasan belajar kelas gratis BRT Network


Alasan saya ingin ikut belajar di kelas gratis BRT Network ini karena memang ingin belajar optimasi blog dengan benar di tangan para Coach yang memang punya ilmunya masing-masing. Selama ini saya memang sering ikut kelas-kelas singkat, tapi ya jujurly ilmunya itu belum semua diterapkan. Catatan dan screen shoot materi numpuk di memori tapi ya dibukanya saat ingat saja atau kalau memang kelasnya itu mengharuskan setelah ikut materi wajib menulis atau optimasi. 

Nah, dikelas BRT Network ini begitu dikasih materi ya harus langsung diterapkan jadi ilmunya tidak mengendap atau malah menguap begitu saja. Sudah diberi tahu dari awal juga kalau semua harus memperhatikan kelas dan membaca seluruh materi dan hasil diskusi yang ada. Kalau punya masalah yang sama kan bisa tuh langsung dipraktikkan solusi yang diberikan. 


Belajar Optimasi Blog di Kelas Gratis BRT Network 


Pasti penasaran juga kan materi apa saja yang dipelajari di Kelas Gratis BRT Network ini? Terus siapa saja sih pematerinya? Emangnya ngapain aja di kelas gratis ini? Kayaknya kelas ini heboh benar ya. 


Coach di Kelas BRT Network Desember


Baiklah saya akan menjawab satu per satu dimulai dari perkenalan pemateri yang kami biasa sebutnya Coach. Jadi untuk kelas BRT Desember ini ada 6 orang coach yang mengawal kelas yaitu:

  • Mas PeWe
  • Mas Priyono 
  • Mas Zen
  • Mbak Monica Anggen
  • Mbak Marita Ningtyas
  • Mbak Gilang Maulani

Keenam Coach ini punya peran penting dalam memberikan materi. Tidak satu pun dari mereka membeda-bedakan peserta belajar, perlakuannya semua sama. Jika ada yang bertanya akan dijawab dan jawaban dari mereka saling melengkapi. Catatan penting bagi semua bahwa dilarang keras untuk japri para Coach. Kalau ketahuan bakalan dikick dan lebih parahnya lagi kelas akan langsung dibubarkan. 


Serunya Belajar di Kelas BRT Network Desember


Kelas ini dimulai awal Desember dan rencananya akan berlangsung kurleb satu bulan. Kami belajar melalui WhatsApp group. Awalnya kurang lebih 100 peserta mengikuti kelas ini namun sayang sudah berapa orang mengundurkan diri. Selain belajar melalui WAG, kami pernah sekali ikut zoom yang wajib dihadiri oleh semua peserta. Disitu kami mulai diberi gambaran tentang kelas, materi dan juga tugas yang akan diberikan. 


belajar kelas gratis BRT Network

Layaknya belajar dalam kelas, selain dapat materi tentu juga ada tugas. Nah, ini kuncinya. Jadi bukan cuma belajar materi saja ya tapi apa yang didapat itu harus langsung dipraktikkan. Cuma itu sajakah? Oh tyidaak doong. 

Memasuki tugas ketiga, kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan disinilah kerja sama harus ditegakkan karena kelompok ini sistemnya satu paket. Gugur satu, gugur semua. Maka jika ada yang bermasalah atau tugasnya tidak lengkap harus saling bantu karena akan fatal akibatnya jika salah satu gagal makan semua anggota kelompok pun akan ikut gagal, gugur, dikick dari kelas! Ini yang selalu buat jantung berasa ingin copot, ya bisa dibilang inilah dukanya mengikuti kelas gratis ini. 


Materi Daging dari Para Coach Kelas Gratis BRT Network Desember



Di awal kelas kami sudah diberi tugas untuk melihat apakah blog kami sudah memiliki SSL dan redirect, lalu mengecek kesehatan blog dengan menggunakan tools Meta SEO Inspector. Uhukk, dari sini sudah mulai belajar utak-atik blog, belajar HTML yang penuh ketelitian. 

Sepanjang kelas kita juga harus menyimak semua diskusi yang ada di Whats App Grup kelas utama karena disitu para Coach memberikan materi juga menjawab semua permasalahan yang ditemukan oleh peserta grup. Kalau casenya sama dengan punya kita, nah bisa langsung tuh dibenarinnya. Lalu kalau sudah coba tapi masih salah tidak perlu ragu untuk bertanya sampai masalah kita tuntas. 

Di awal minggu ini 2 Coach telah memberikan materinya secara khusus agar bisa segera diterapkan di blog para peserta yaitu dari Mas PeWe dan juga Mas Priyono. 


Materi SEO Onpage dari Mas PeWe 


Untuk materi pertama dibawakan oleh Mas PeWe tentang SEO Onpage. Udah tahu dong ya kalau konten itu adalah raja dan konten blog yang baik yaitu sesuai kaidah SEO (Search Engine Optimazation) agar mudah diterima oleh mesin pencari sehingga akan menguntungkan bagi pemilik blog karena traffic blognya akan meningkat. 

Sebelumnya diclaimer dari Mas PeWe bahwa materi SEO baik yang Onpage maupun Offpage adalah materi yang higga sekarang masih debatable. Untuk kelas kali ini Mas PeWe berbagi 18 Parameter SEO Onpage yang bisa diterapkan. Beliau mengungkapkan bahwa secara garis besar SEO Onpage adalah teknik optimasi dari dalam blog. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi, jadi setiap orang memiliki cara sendiri dalam mengoptimasi blognya yang belum tentu punya efek yang sama bagi blog yang lain. 

18 Parameter SEO Onpage 

Adapun isi dari 18 Parameter SEO Onpage yang dijelaskan Mas PeWe pada kelas ini yaitu: 

  1. Ada keyword di judul dan panjang meta judul 55 karakter
  2. Judul sebaiknya di awal
  3. Ada keyword di permalink dan panjang maksimal 75 karakter
  4. Ada keyword di meta deskripsi yang maksimal 155 karakter
  5. Ada keyword di 150 karakter di paragraf awal
  6. Keyword tidak perlu di bold, Italic, Underline
  7. Selalu ada kesimpulan atau konklusi
  8. Jumlah kata sebaiknya lebih banyak dari kompetitor
  9. Paragraf tidak terlalu panjang
  10. Ada H1, H2, H3 (secara urut). Wajib diingat bahwa H1 hanya boleh ada 1 di tiap page dan berada di paling atas
  11. Keyword ada di H2 dan H3
  12. Keyword di nama image pake strip (-). Contoh: kelas-grattis-brt.jpg
  13. Alt image/video. Alt itu alternatif, berarti isinya harus beda dengan keyword yang ada
  14. Internal menuju ke artikel yang relevan
  15. Gunakan LSI Keyword
  16. Share ke media sosial
  17. Inspecct URL di GSC
  18. Besar file image maksimal 100kb atau lebih baik lagi kurang dari 50kb.

Ehem, gimana? Selama ini Temans sudah ada yang menerapkan semua poin yang ada pada Parameter SEO Onpage di atas gak? Kalau saya sih jujur, kadang masih suka skip beberapa poin di atas. Oh iya, kemarin saya sempat bertanya di group tentang bounce rate, kebetulan itu masuk kan di poin 14. 

Selama ini saya itu kalau membuat tulisan yang ada internal linknya sukanya membuat si internal link jadi "open new tab" apakah ada pengaruh ke bounce rate? Saya tidak perlu menunggu lama, Mbak Monica langsung menjawab bahwa ini yang jadi indikator besar bounce rate, karena orang masuk ke blog kita terus keluar lagi dan audiens gak kemana-mana lagi di blog kita. Mas PeWe pun juga menambahkan bahwa itulah yang menyebabkan bounce rate jadi gendut. Hmm, noted nih mulai sekarang gak boleh seperti ini. Makasih Coach. 


Materi Google Analytic dan Google Search Console dari Mas Priyono


Untuk materi dari Mas Priyono tentang Google Analytic (GA) dan Google Search Console (GSC) ini cukup panjang, namun di akhir materi Beliau memberi kesimpulan sebagai berikut: 

Google Analytic adalah membahas tentang interaksi web - user yang bisa dipakai untuk riset berdasarkan karakter pengunjung. 

Sedangkan Google Search Console yakni membahaas tentang interaksi web - search engine yang bisa dipakai untuk riset berdasarkan search engine dan juga buat mendeteksi jika terjadi sesuatu pada web/blog kita. 



Testimoni Belajar di Kelas Gratis BRT Network 



Jelas dong ya saya sangat bersyukur bisa masuk belajar di kelas ini karena saya jadi bisa mengetahui tentang bagaimana mengoptimasi blog dengan baik. Ngeblog itu tidak hanya sekedar menulis saja tapi juga perlu memperhatikan kesehatan blog, isi luar dalam blog kita agar blog kita bisa bersaing di search engine. 


Saya rasa peserta lain pun juga senang mengikuti kelas gratis ini karena kita semua bisa belajar meningkatkan performa blog bersama-sama, seperti hasil wawancara singkat saya pada kedua teman kelompok saya yaitu: Mbak Dian Restu Agustina dan Mbak Januar Atiqoh yang keduanya sama-sama setuju bahwa kelas gratis dari BRT Network ini meningkatkan ilmu ngeblog kita. 

Berikut petikan testimoni dari mereka. 

Sekian tahun ngeblog saya hanya fokus ke nulis saja, belum terpacu untuk mempelajari optimasi untuk performa terbaiknya. Setelah mengikuti Kelas Gratis BRT saya jadi bertambah ilmu dan wawasan cara mengoptimalkan blog dari para Coach yang mengulik dari berbagi sisi. Meski sambil jungkir balik ngikuti kelasnya, beneran membuat saya bersemangat untuk membuat blog jadi lebih baik lagi. Serius, ketjeee habis Kelas Gratis BRT ini! (Dian Restu Agustina; Blogger asal Jakarta yang suka traveling)


Belum ada seminggu di kelas gratis BRT tapi ilmunya sudah nambah banyak. Semua dikasih cuma-cuma sama masternya. Beruntung banget bisa gabung disini bulan ini, karena ternyata blog yg keliatannya baik-baik aja jg harus kudu diservice berkala. Senang sekali dibinbing praktik langsung sama semua coach sampai berhasil bikin performa blog lbh baik lagi. Semoga bisa terus diterapkan sendiri di blog biar makin berkualitas, bermanfaat dan bercuan. Terima kasih semua coach. (Januar Atiqoh, pemilik Blog Catatan Atiqoh yang sering menulis tentang info kesehatan dan kecantikan) 


Empat orang teman saya dari Kelompok B juga punya pendapat yang hampir mirip, intinya kami semua senang bisa diberi kesempatan untuk belajar bersama disini walau kami semua tiap saat harap-harap cemas mengenai kelanjutan nasib kami setelah tugas 3 ini. 



Kesimpulan


Kelas Gratis BRT Network ini memang gratis tapi jangan pernah salah dan menganggap kalau kelas gratis ini hanya bakalan dapat ilmu receh saja ya. Oh salah besar lho itu karena ilmu yang diberikan disini adalah premium punya dari para Coach yang memang mumpuni di bidangnya. Mereka itu bukan baru kemarin jadi blogger lho, tapi sudah berpengalaman dan sering mengampuh kelas. 

Terima kasih buat semua Coach yang sudah memberi saya kesempatan belajar disini dan harapan saya agar masih bisa diberi kesempatan lanjut belajar lagi bersama teman kelompok hingga kelas ini betul-betul dinyatakan selesai sesuai dengan jadwalnya. 

Dengan mengikuti kelas BRT Newtork Desember ini kami semua jadi semangat dan punya bekal untuk megoptimasi blog dengan lebih baik lagi. Serius, kami masih ingin belajar semua materi yang belum disampaikan. Penasaran juga lho dengan kelas coding dari Mas Zen, dan juga materi dari Mbak Monica, Mbak Marita dan Mbak Gilang. 


Semagat!





  Diah

Next Post Previous Post
43 Comments
  • Yonal Regen
    Yonal Regen 9 Desember 2021 17.05

    Alhamdulillah bisa ikut kelas BRT Network. Semoga bisa mengikuti seluruh materi sampai selesai. Amin

  • Haryadi Yansyah
    Haryadi Yansyah 10 Desember 2021 14.33

    Baru tahu ada kelas BRT Network gini. Materinya pun faedah banget, terutama soal SEO dan optimalisasi blog. Semoga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan ya mbak. Amin.

  • Ariefpokto
    Ariefpokto 10 Desember 2021 20.56

    Sungguh berfaedah ikut Kelas BRT Network ini ya. Meningkatkan pengetahuan dan juga skill biar blognya Makin bagus Dan keren

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 12 Desember 2021 15.13

    Semoga lulus kelasnya sampai terakhir ya, Mbak. Jangan lupa bagi ilmunya, hehehe

    Aku kemarin gak jadi daftar. Lagi ribet dan pas mau buka ternyata sudah ditutup

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 12 Desember 2021 21.05

    Materinya bikin melek seo, kadang beberapa point sebenernya udah tahu tapi suka lupa diterapin. Ngasah skill blog banget ini ilmunya, bermanfaat.

  • Okti Li
    Okti Li 12 Desember 2021 22.45

    Untuk parameter SEO on page no 2, itu sebaiknya judul di awal maksudnya bagaimana ya? Di awal apa? Judul kan emang selalu di awal atau di atas kan?

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 13 Desember 2021 01.15

      jadi gini Mbak, biasanya kita kalau mau nulis sudah tahu keyword nya apa kan?
      naah, baiknya keyword atau judul besar yang kita mau angkat itu diletakkan di depan.

      Seperti judul "4 Rahasia Kelas Gratis BRT yang mungkin belum kamu tahu"

      KW: Kelas Gratis BRT.
      pada contoh itu judul diletakkan mendekati awal, bagusnya sih diawal. Nah bagaimana kalo tidak bisa? yah tidak apa, namun akan lebih baik ada diawal kalimat. (begitu kata Coach PeWe) :)

  • Mechta
    Mechta 12 Desember 2021 23.16

    oh jadi sebaiknya utk internal link sebaiknya tdk di hal baru ya mba? sy justru sebaliknya, pantesan bouncerate sy tinggi.. Trmksh sharingnya ya..

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 13 Desember 2021 01.16

      Iyah Mbak, saya pun juga selama ini kayak gitu, letakkannya di tab baru, ternyata itu salah karena kebacanya tidak ada lagi kegiatan pengunjung di blog kita, begitu masuk lalu langsung keluar.

  • Reyne Raea
    Reyne Raea 13 Desember 2021 00.16

    Duh rajin amaaattt mamak rempong 3F ini, saya dong dari dulu kepo ama SEO SEO ini, tapi paling mentok belajar dari google, mau juga ikutan, tapi masih menyesuaikan waktunya.
    Kan nggak asyik kalau baru ikutan, udah gugur di medan kelas *eh :D

  • Farida Pane
    Farida Pane 13 Desember 2021 07.34

    selamat ya udah bisa ikut kelas kece ini. moga makin bagus performa blognya.

  • Sri rahayu
    Sri rahayu 13 Desember 2021 09.41

    Asiik banget ya mba bisa dapat ilmu keren secara gratis semoga next aku juga dapat kesempatan

  • Waode1453
    Waode1453 13 Desember 2021 09.49

    Kerennya ini kelas kak. Paket lengkap diii??? Ada mi SEO nya, GA, GCS. Bisik-bisik nah kak kalau ada lagi kelas yg dibuka.. Terutama yang menerima pembelajar pemula... Masih butuh belajar banyak supaya keren juga blog ku.....

  • Perempuan Unik
    Perempuan Unik 13 Desember 2021 10.40

    Ikut kelas ini kudu niat banget ya, Mbak. Ilmunya banyak. Sayang kalau cuma main-main

  • Suciati Cristina
    Suciati Cristina 13 Desember 2021 13.11

    Daging semua isinya yah Diii. Wah makasih ya udah nulisin. Coachnya udah memang jagoan semua 😍 semoga pahalanya mengalir, aku juga mau belajar dari tulisan Diah sama wasaaaapin kamooh ah 🤣
    Bounce rate jadi gituu ya, aku masih banyak banget nih kudu rapih2 blog..

  • Arni
    Arni 13 Desember 2021 14.40

    Wih makin mantap ilmu ngeblognya nih. Sa simpan baik-baik dulu ini postingan, nanti sa pelajari lagi. Klo bingung, nanti sa tanya-tanya na

  • Ulfah Aulia
    Ulfah Aulia 13 Desember 2021 14.55

    Aku ikutan mendaftar mba, etapi pas dinyatakan lulus lewat email aku baru taunya udah malam padahal waktu buat masuk grupnya terakhir siangan jam 2... Mungkin bisa jadi aku masih punya kesibukan di luar itu, belum diizinkan takutnya ada kegiatan yg terlantar ya... Oiya, stlah baca tulisan blog mba ini aku jadi tau pelajarn" di kelas brt, daging semua materinya ya mba

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 13 Desember 2021 15.25

    Benar-benar harus fokus dan serius mengikuti kelas gratis BRT Network ini, ya. Kalau gak mempraktikkan materi yang sudah diberikan dengan benar, bisa-bisa kena tendangan madun hihihi

  • Hida
    Hida 13 Desember 2021 15.37

    Nah..soal bounce rate ini ternyata bisa dari internal link yang kita buat open new tab ya...duh beneran baru tau deh. Langsung cek internal link di blog sendiri nih dan auto edit hehehe. Makasih lho mbak sharingnya.

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 13 Desember 2021 18.09

    Saya juga pernah mbak mengikuti kelas BRT gratis memang isinya daging semua. alhamdulillah jadi tahu seluk beluk seo

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 14 Desember 2021 00.25

    lah apa kabar yang gambar2ku tuh bisa lebih dari 100 kb :( gimana tuh ngatasinnya mba? boleh dong kasih bocorannya di siniii.. mau ngikutin :D

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 14 Desember 2021 01.43

    waaah aku jadi pengen belajar dan belajar lagi nih.. optimasi blog memang harus terus kita lakukan yaa mbaaa

  • lendyagassi
    lendyagassi 14 Desember 2021 01.45

    Tiap hari berasa berpacu dalam melodi yaa, kak..
    MashaAllah~
    Sungguh-sungguh sekali belajarnya dan langsung dipraktekkan. Jadi gak ada ilmu yang dilepaskan begitu saja. Sukanya di kelas BRT itu..sama-sama saling menyemangati dan tidak ada yang namanya previlege yaa.. Semua dapat tugas sama.

    Sukses untuk kak Diah.
    Semangat~

  • Helena Magdalena
    Helena Magdalena 14 Desember 2021 02.09

    Banyak input berharga ya Mbak dari kelas ini. Aku pun masih pemula jadi ikutan belajar deh gara-gara baca tulisan Mbak :)

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 14 Desember 2021 03.49

    Waaah seru banget ya mbak kelasnya. Ilmunya daging semua. Kalau menerapkan semua ilmu dari coach pasti DA/PA blog bakal naik dan ini menjadi aset kita. Dari blog bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Kalau blog terawat otomatis penghasilan pun makin fantastis...

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 14 Desember 2021 06.51

    Waah keren banget mba ikut kelas gratis BRT Network, makin kece nih blognya, sukses ya untuk mba Diah dan juga BRT yang makin keren sering berbagi ilmu ngeblog

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 14 Desember 2021 08.43

    Dan aku kelewat lagi kelas ini. Udah daftar pas awal, giliran form dibagi aku lagi slow respon banget. Salut banget sama peserta dan coach nya yang keren-keren.

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 14 Desember 2021 08.43

    Pengen ikutan lagi kelas optimasi blog di BRT pernah ikutan terlempar di pertemuan kedua mbak hiks. semoga bisa ngarungi ilmu dari mengikuti update postingan mbak, pengen juga punya DA PA yang cetar melejit hehe

  • Bunsal
    Bunsal 14 Desember 2021 09.22

    Kerennya kelas-kelas BRT Network ini.

    Semoga keangkut di episode kelas berikutnya. Panteng sosmednya BRT Network ah, biar gak ketinggalan info lagi

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 14 Desember 2021 10.34

    Selamat belajar bun di kelas gratis BRT. Semangat terus ya biar upgrade diri yang berguna untuk diri sendiri juga apalagi dunia blog terus berkembang

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 14 Desember 2021 11.13

    Asik banget semangat belajarnya bagus nih mba untuk selalu update informasi. Aku belum pernah ikutan kelas BRT tapi udah baca banyak yang rekomendasikan juga :)

  • iidyanie
    iidyanie 14 Desember 2021 11.39

    Bersyukur banget bisa ikutan kelas blogger gratis dari BRT Network ini, banyak ilmu yang bisa diterapkan di blog ya kan mba :)

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 14 Desember 2021 15.27

    Wah semangat Kakak. Kelas gratis kalau pematerinya keren pasti bakal maksimal ilmu yang didapet ya Kak. Sukses selalu.

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 14 Desember 2021 22.38

    Keren banget ya kelas BRT ini semakin penasaran dan pengen ikut belajar bersama semoga sukses dan blognya semakin banyak pengunjung dan cetar membahana

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 14 Desember 2021 23.30

    Salah satu kelas ngeblog yang menurutku sangatlah intensif dan ngasih banyak materi yang mantap ya BRT Network.

    Sukses belajarnya ya Kak.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 14 Desember 2021 23.41

    Setuju. Kelas ini nggak cuma kasih materi daging tapi motivasi yang kuat juga buat semangat optimasi blog. Semoga kita bisa sama2 lulus ya. *Ngarep banget

  • Si Umi
    Si Umi 15 Desember 2021 07.08

    Semangat belajar terus yaaa diah, materinya bermanfaat banget yaaa. Bismillah makin keren deh ini blognya

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 15 Desember 2021 07.27

    Baca ini aku yg lagi kendor jadi ikutan semangat lg nih. Belum sempat ngoprek ngoprek lg, jadi sedih liat trafic sama DA yg merosot. 13 parameter ini perlu dicatet nih. Thanksya mba diah

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 15 Desember 2021 07.54

    Oh aku juga suka kasih internal linknya dan pilih 'open new tab'. Ternyata ngaruh ke bounce rate yaa, huhuuu...sedih dong. Oke deh aku edit satu-satu. Semoga bisa menurunkan bounce rate di blog.

    Aku udah lama banget gak belajar SEO lagi, udah beberapa kali ikut kelas dengan coach berbeda. Memang abis ikut kelas jadi rajin nerapin SEO, tapi akhirnya kelupaan, gak konsisten deh

  • Nur Ainhy
    Nur Ainhy 15 Desember 2021 09.22

    Wuih daging nih isi artikelnya, bisa nambah ilmu buat optimasi blog. Kelas BRT keren deh apalagi gratis. Semoga next time kalau ada buka, bisa ikut lagii

  • Mugniar
    Mugniar 15 Desember 2021 10.38

    Alhamdulillah, jadi banyak nambah ilmu, makin semangat ngeblognya pastinya ya. 😍

  • Eni Martini
    Eni Martini 15 Desember 2021 19.52

    Waktu diceritain tentang kels gratis BRT aku jadi pengen ikutan, tapi kira-kira waktunya menyita banget gak ya? Khawatir aja kalau ga bisa konsisten

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 16 Desember 2021 19.12

    Ikut terhibur dengan tulisan ini walau belum rezeki masuk kelas BRT, jadi nambah semangat ngeblog-nya deh

Add Comment
comment url