Cara Seru Menghafal Kosakata Bahasa Asing Untuk Anak

Saat ini belajar bahasa asing untuk anak bukanlah menjadi kebutuhan tersier, namun belajar bahasa asing sekarang sudah naik menjadi kebutuhan sekunder. Bahkan anak yang masuk di sekolah Internasional akan menjadikan bahasa asing sebagai kebutuhan primer mereka. Bagaimana tidak, jika bahasa pengantar sehari-hari di sekolah haruslah menggunakan bahasa asing. 


cara seru menghafal kosakata

Di Indonesia sendiri, selain bahasa Inggris, anak-anak sekarang juga sudah mulai belajar bahasa Mandarin. Tidak sedikit juga yang belajar bahasa Arab khususnya bagi mereka yang bersekolah di pesantren ataupun sekolah Islam terpadu. Maka bahasa Arab adalah bahasa yang wajib mereka pelajari. 


Manfaat Belajar Bahasa Asing 


Dibanding belajar Matematika, saya memang lebih suka belajar Bahasa. Sejak SMP saya mulai senang belajar bahasa Inggris dan ikut kursus juga biar bisa belajar lebih banyak. Hingga sewaktu kelas 3 SMA pun ketika penjurusan tiba saya memang sengaja mengambil jurusan Bahasa. Alhamdulillah saya sempat merasakan belajar bahasa Jerman selama setahun karena ketika itu bahasa asing yang kami pelajari selain bahasa Inggris adalah bahasa Jerman. 


Bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing tentunya akan memiliki nilai tersendiri bagi seseorang. Apalagi jika memang mempelajarinya sejak dini pasti hasilnya pun akan menjadi sangat baik. Saya saja sampai sekarang masih ingin terus belajar bahasa asing. Secara ya, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari belajar bahasa asing anatara lain:

  • Meningkatkan kreativitas
  • Melatih percaya diri
  • Memperkuat daya ingat
  • Mudah belajar bahasa lain
  • Memperluas wawasan dan budaya
  • Mudah mendapatkan pekerjaan
  • Mempunyai nilai tambah (skill)


Dengan belajar bahasa asing, otomatis kita juga akan belajar banyak hal termasuk budaya dan kebiasaan dari suatu negara. Sebagai orangtua, kita pasti akan bangga dong ya jika punya anak yang bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing. 


5 Cara Seru Menghafal Kosakata Bahasa Asing


Sadar diri cara belajar saya dulu lambat  dan kurang tepat karena hanya mengandalkan arahan dari guru saja dalam belajar, maka sekarang setelah punya anak, saya ingin agar anak-anak saya nantinya bisa menguasai bahasa asing juga. Rasanya bonus banget deh jika nantinya mereka bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing. 

Untuk bisa belajar bahasa asing, salah satu yang harus dipelajari bahkan dihafalkan adalah kosakata. Baik itu kata benda, kata kerja dan juga kata sifat sebagai dasar untuk memulai belajar. Mulai sekarang saya pun mencari cara bagaimana agar anak bisa mudah belajar bahasa asing. Biasanya anak-anak itu menyukai sesuatu yang seru, jadi secara tidak langsung mereka akan belajar dari kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. 


1. Membacakan Buku Cerita

Kita bisa membacakan cerita untuk anak-anak dari buku cerita yang memang ditujukan untuk anak-anak bahkan balita. Buku bergambar yang narasinya hanya satu kalimat per lembar, ataupun hanya satu-dua kata saja. Dengan membaca buku secara berulang untuk melatih ingatan anak. Secara tidak langsung anak akan menghafal kosakata yang ada pada cerita tersebut. Kita tahu kan ya kalau daya tangkap dan ingatan anak itu cenderung lebih bagus dari orang dewasa. 


2. Mendengarkan  Lagu Sambil Bernyanyi

Beruntunglah anak-anak zaman sekarang punya banyak nursery song, dari situ anak juga bisa belajar kosakata. Sambil mendengarkan lagu kita bisa mengajak mereka bernyanyi dan menghafalkan kosakata. Hal ini juga sekaligus melatih pendengaran dan pengucapan mereka. 


3. Menggunakan Flashcard


flashcard hewan
pic by canva.com

Cara mudah mengajarkan kosakata pada juga bisa dengan menggunakan flash card atau kartu yang memiliki dua sisi yang berbeda. Pada sisi depan bisa berupa gambar dan awalan huruf benda tersebut, sedangkan sisi lainnya bertuliskan kosakata benda tersebut. Flashcard ini bisa kita beli maupun kita buat sendiri lho atau biasa kita sebut do it yourself a.k.a DIY. Hmm, pasti lebih seru nih jika membuat flashcardnya bersama anak-anak.

4. Menggunakan Teknik atau Metode Mnemonic

Teknik atau metode mnemonic ini adalah cara sederhana dan mudah untuk menghafal kosa kata dengan membuat akronim dari kata-kata yang sejenis, atau sekelompok maupun gabungan. Misalnya membuat akronim nama-nama binatang: LOVE for lion-owl-vultura-elephant. Atau bisa juga mengelompokkan kata kerja: READ for run-eat-applause-dance. Bisa juga kok gabungan kata kerja, sifat maupun benda seperti BLOG for banana-lamp-odd-gold. 


5. Menggunakan Aplikasi atau Game Online

No debat lagi ya kalau anak jaman now itu sudah tidak bisa jauh dari gadget. Apalagi sejak pandemi ini anak-anak sekolah juga belajar dari gadget meski sebagai orangtua kita juga tetap harus mengawasi anak dalam penggunaan gadget agar tidak berlebih. Nah, gimana kalau kita manfaatkan saja gadget itu agar mereka bisa belajar bahasa asing dengan menggunakan aplikasi maupun game online. Anak tentu akan menjadi senang dan bisa bebas bereksplorasi. Salah satunya bisa bermain sambil belajar kosakata bahasa Inggris melalui berbagai permainan kata di Solitaire.org.


Hmm, ada yang bingung kok di Solitaire.org kita bisa belajar kosakata? Bukannya Solitaire itu permainan kartu? Ahaaa, jangan salah ya. Solitaire ini punya banyak game lho, tidak hanya permainan kartu saja tapi ada permainan kata juga yang bisa kita mainkan sambil jadi jalan ninja cara seru menghafal kosakata juga lho. 


Letter Scramble 

game acak kata


Permainan acak kata pakai papan kayu itu memang seru tapi anak Gen Z mah sukanya yang serba digital, nah cocok banget nih kalau main letter scramble di Solitaire.org ini lho. Cara bermainnya gampang kok, kita hanya ketik satu kata di papan yang tersedia dari huruf-huruf yang disediakan. Ada 3 level dalam permainan ini yang mana tiap level terdiri dari 20 kata, selanjutnya 30 kata dan pada level terakhir sebanyak 30 kata. 


Daily Word Search


Daily word search Solitaire



Selain letter scramble, kita juga bisa bermain daily word search yang mana kita mencocokkan kosakata yang tersedia di sebelah kiri dengan deretan huruf-huruf yang ada di sebelah kanan, bisa secara vertikal, hirizontal, ataupun diagonal. Kata-katanya pun tidak mesti urut terbaca dari kiri ke kanan lho, kadang ada kata dari kanan ke kiri, begitupun dari atas ke bawah dan ada juga dari atas ke bawah ya. Ini emang agak berat sih kalau untuk anak kecil tapi dari sini kita bisa mencatat kata tersebut dan mencari artinya bersama yang nanti juga anak bisa hafal dari catatan kosakatanya itu. 

Selain kedua game tadi, anak saya juga suka dengan hidden object games dari Solitaire.org lho yaitu mencocokkan gambar yang tersedia yang biasanya diumpetin di balik gambar besar atau gambarnya menyamar dengan benda lain. Di permainan hidden games lain sih biasanya ada dengan nama-nama kata benda yang dicari tapi disini sayangnya tidak tersedia, semoga sih kedepannya Solitaire.org mencantumkan nama-nama bendanya juga, jadi anak-anak bisa sekalian belajar kosakata dari game ini deh. Pasti lebih menarik!☺


Kalau ditanya alasan saya kenapa suka bermain game di Solitaire ini? Maka saya akan menjawab karena di Solitaire.org ini gamesnya banyak dan tidak perlu download lagi, tidak hanya itu disini kita bisa bebas bermain karena tidak ada halangan iklan yang mengganggu saat kita asyik bermain. Gimana, ternyata sekarang itu banyak cara ya yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak belajar dan menghafal  kosakata bahasa asing. 


Semoga bermanfaat.



Diah

Next Post Previous Post
30 Comments
  • nitalanaf
    nitalanaf 1 Januari 2022 21.50

    Wah iya, kalau sekarang ada banyak cara untuk meningkatkan kosakata berbahasa Inggris kita ya, salah satunya lewat game online 😀

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 2 Januari 2022 21.26

    Makasih mbak Inspirasinya, ternyata banyak yang bisa dilakukan ya untuk menambah kosa kata anak, salah satu yang menarik perhatianku dengan mnemonic. jadi pake akronim lebih seru yaa. mungkin ini untuk anak yang sudah pintar membaca yaa, jadi tambah kaya kosa kata bahasa asingnya

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 3 Januari 2022 17.38

    Dulu yang paling sering kulakukan tuh mendengarkan lagu sambil nyanyi, nonton film juga kaya Frozen. Meski pengucapannya aneh, not too bad lah. Namanya juga belajar

  • Allamandawi
    Allamandawi 3 Januari 2022 17.57

    Bagus banget, bisa jadi masukan buat sy yang calon ibu nih

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 3 Januari 2022 19.17

    ada banyak cara menuju Roma, begitu pula dengan belajar bahasa asing, semakin mudah karena kecanggihan teknologi. Solitaire ada banyak yaa permainan yang bisa digunakan sebagai sarana belajar untuk si kecil, apalagi gamenya gak perlu di download. Bisa diakses secara online

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 4 Januari 2022 07.52

    Mantap nih tipsnya mbak Diah. Aku tuh beberapa kali membayangkan gimana caranya ngajarin anak kosa kata bahasa asing yg menyenangkan. Pas banget artikelnya. Btw, aku juga suka main game Solitaire, seruuu banget

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 4 Januari 2022 08.24

    Tos kita, Mbak..sama-sama kurang suka Matematika dan lebih senang mempelajari bahasa. Sedang berusaha juga mengenalkan bahasa asing buat anak-anak. Ternyata di zaman secanggih sekarang, ada lebih banyak cara menyenangkan ya buat ngajarin bahasa asing tanpa perlu merasa tertekan..hihi. Terima kasih tip-nya, Mbak..Bakalan dicoba deh nanti.

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono 4 Januari 2022 08.41

    Mengingat kembali kosakata bahasa asing ada beragam tips dan kita akan terbantu semakin sering menggunakannya, good idea

  • Unknown
    Unknown 4 Januari 2022 10.19

    Ternyata banyak juga ya bahan belajar untuk anak anak.. baru tau nih aku.. berasa ibu gaptek ya jadinya

  • Mas Dar
    Mas Dar 4 Januari 2022 11.19

    Bisa dipraktekkan ke adek saya yang masih Paud ini soal nya masih kebingungan untuk membaca ya walaupun sudah begitu lancar

  • Anisah
    Anisah 4 Januari 2022 13.41

    Bermanfaat banget ini buat bantuin ponakanku hafalin kosa kata kak,aku juga bisa sambil belajar ya.

  • Rini Rahmawati
    Rini Rahmawati 4 Januari 2022 15.23

    makasih mbak atas infonya, zaman teknologi sekarang ini memang banyak cara untuk mengenalkan bahasa asing pada anak, bisa lewat game

    saya juga pernah beberapa kali buka game di solitaire ini, lumayan asyik dan menyenangkan

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 4 Januari 2022 15.56

    permainan kreatif nih, belajar bisa dibuat asyik dengan cara bermain ya mbak

  • Nur Ainhy
    Nur Ainhy 5 Januari 2022 04.17

    Bermain smbil belajar, sebuah ide yg kreatif. Jadi anak cepat tanggap dan paham

  • Supadilah
    Supadilah 6 Januari 2022 13.55

    Sepakat, bahasa lebih menarik daripada matematika. Hehe... Padahal saya guru matematika juga. Nah, metode Mnemonic semakin mempermudah menghafal kosakata nih. Makasih Kak artikelnya. Keren.

  • Vika Kurniawati
    Vika Kurniawati 6 Januari 2022 14.00

    Hooh mba, ternyata banyak ya cara belajar menghafal kosa kata bahasa asing. Seringnya terpaku hanya satu cara saja nih saya.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 6 Januari 2022 18.45

    Seru juga ya mbak belajar bahasa Inggris pakai game solitaire. Menghibur sekaligus mendidik

  • Mei Daema
    Mei Daema 8 Januari 2022 14.11

    games masa kecil saya ini kak, seru banget permainan di sini, semuanya games lama yang sudah saya kenal dan bagusnya ada buat edukasinya games di Solitaire ini

  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M 8 Januari 2022 21.03

    Game pertama kali ketika mengenal komputer. Ternyata sekarang lebih update bisa buat belajar asing gitu ya kak. Jadi bermain sambil belajar.

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 9 Januari 2022 23.00

    game di Solitaire gampang ya, tidak perlu donlot dan gratis. Anak-anak juga bisa belajar kosa kata dengan mudah

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 10 Januari 2022 09.57

    ga kebayang sebelumnya aku mbak bisa belajar kosakata bahasa inggris pake games. seru sekali sekarang scrabbles ada di games online gratis ya.

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 10 Januari 2022 10.15

    Belum eksplor lagi nih untuk game di solitaire. Ternyata ada game tebak kata juga ya. Cocok banget emang buat belajar kosakata bahasa inggris.

  • Maulinda sari
    Maulinda sari 10 Januari 2022 20.39

    Keren banget mba tipsnya. Jadi tambah semangat ngajarin anak bahasa asing.

  • Nur Asiyah
    Nur Asiyah 11 Januari 2022 11.20

    Sekarang banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak ya kak. Tapi bingung juga kalau anak masih terlalu kecil. Kemarin sempat ngasih flash card, sama anak malah dirobek, huhuhu.

  • Qoty Intan Zulnida
    Qoty Intan Zulnida 12 Januari 2022 11.16

    Wah ada cara baru yang seru nih untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Bisa dengan main Solitaire yaa, main scramble, dan game acak kata lain. Seruuuu

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 17 Januari 2022 21.47

    seru banget bermain sembari menambah kosa kata bahasa asing ya, pastinya makin gemes deh kalau anak cepat ngomong

  • Eni Martini
    Eni Martini 18 Januari 2022 20.51

    Seru juga ya kalau menemukan mainan yang edukatif bersama anak

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari 24 Januari 2022 12.49

    Doain aku cepett dpt momongan biar bisa ngajarin cara seru ini ke anakku ya mbakkk 🥰🥰🥰

  • Nisya Rifiani
    Nisya Rifiani 27 Januari 2022 09.46

    saat sekolah, aku juga suka pelajaran bahasa, bahasa indonesia saja, dan dulu ikut kursus bahasa jepang. memang menyenangkan belajar bahasa itu...
    anak-anak jaman now pun sudah belajar bilingual sejak dini sekali... kalo sudah menemukan metode pembelajaran yang pas, pasti jadi seru sekali belajarnya ya

  • Ririn Wandes Melalak Cantik
    Ririn Wandes Melalak Cantik 2 Februari 2022 10.07

    Pastinya seru donk saat punya skill berbahasa lainnya ya. Anak-anak sejak dini sudah diajarkan menghafal banyak kosakata agar semakin lancar komunikasinya.

Add Comment
comment url