Cara Menyenangkan Belajar Matematika

Siapa nih yang waktu sekolah dulu sedikit lemah di pelajaran Matematika? 
Sayaaaaaa... *acung jari nyari teman* heheheh. 
Ya, begitulah. Dulu waktu sekolah nilai Matematika saya cuma bisa dibilang cukup. 


Cara Menyenangkan Belajar Matematika


Waktu SMP sih sempat les private sama gurunya Kakak saya yang sekaligus juga sih temannya Tante. Jadi saya sekalian nebeng tiap kali Kakak ada jadwal belajar. Alhamdulillah sejak ikut les bisa dibilang saya jadi lumayan suka dengan pelajaran Matematika,  apalagi Bu Guru membawakannya dengan santai agar kami bisa dengan mudah menerima pelajaran. Saat yang paling saya sukai waktu itu adalah ketika diberikan soal latihan. 

Setelah les itu apakah nilai saya jadi meningkat? Hmm, gak juga sih, B aja a.k.a biasa aja karena saya lesnya cuma berapa bulan lalu pindah kota, nah disana saya juga kan butuh waktu beradaptasi dengan lingkungan baru terlebih lagi di sekolah. Harus mengejar pelajaran dan menyalin catatan-catatan teman biar jadi tidak semakin bingung belajarnya. Intinya sih saat sekolah dulu, saya tidak begitu greget jika belajar Matematika dibanding pelajaran Bahasa. Gak tahu deh kenapa? Padahal waktu SMA itu dua kali dapat wali kelas yang guru Matematika lho, hihihih. 


Manfaat Belajar Matematika 


Matematika itu pelajaran yang tidak bisa lepas dari segala bidang ataupun jurusan. Buktinya saja saat ingin masuk ke perguruan tinggi. Meskipun kita ingin memilih jurusan Bahasa, misalnya. Eeeh ada tes Matematikanya juga doong, Esmeralda. Makanya saya sempat bingung juga tuh saat mau tes SPMB dulu, kok di jadwalnya ada Matematika segala padahal saya mau ambil jurusan Bahasa Inggris. Parahnya lagi saat itu saya sudah setahun tidak belajar Matematika karena memang kelas 3 SMA itu sengaja ambil jurusan Bahasa meski nilai saya termasuk tinggi untuk masuk ke kelas IPA. Wali kelas II ku saja saat itu bujukin buat ambil jurusan IPA tapi saya tetap bertahan pilih kelas Bahasa. 

Sebegitu pentingnya ya belajar Matematika itu. Ya, gimana lagi secara memang Matematika itu punya banyak peran dan manfaat bagi kehidupan sehari-hari diantaranya: 

  • Dasar pokok ilmu berhitung (ekonomi, fisika, kimia, akuntansi dan sebagainya)
  • Melatih cara berpikir sistematis
  • Menjadi pandai dan terlatih dalam berhitung, bisa jadi modal dalam berdagang
  • Melatih ketelitian, kecermatan, kesabaran agar tidak menjadi ceroboh
  • Mengasah otak dapat mencegah pikun

Wohooo, kalau dari dulu tahu Matematika itu punya banyak manfaat pasti dulu mah jadi rajin juga tuh belajar Matematika bukannya jadi pelajaran yang dihindari *ups. 


5 Cara Menyenangkan Belajar Matematika 


Nah, sekarang ketika punya anak, terlebih lagi saat ini Si sulung sudah duduk di bangku sekolah ditambah lagi belum sepenuhnya belajar offline, otomatis saya juga harus bisa jadi guru Matematika di rumah. Harus bisa buat dia senang ketika belajar Matematika. Apalagi saya lihat kalau anak saya ini lumayan suka dengan pelajaran berhitung. Berbeda jika disuruh menulis atau tahu kalau hari itu ada PR menulis, langsung deh pasang muka cemberut, *anaknya cepat bosan sih. Makanya saya jadi tertantang untuk mencari cara menyenangkan belajar Matematika ke anak-anak agar nantinya pelajaran Matematika bukan menjadi pelajaran yang membosankan bagi mereka. 


1. Belajar Berhitung dengan Sempoa 


Pasti sempoa sudah tidak asing lagi kan bagi kita semua berhitung dengan menggunakan sempoa. Papan hitung yang berisi manik-manik yang bisa bantu anak untuk bisa belajar berhitung dengan mudah dan tentunya juga menyenangkan. Sempoa bisa digunakan mulai dari usia 3 tahun, sekaligus juga mengajarkan anak untuk mengenal warna


2. Gunakan Alat Peraga Bangunan


Belajar Matematika tidak hanya berbicara soal angka tapi juga ada bangun datar dan bangun ruang. Anak tentu akan lebih tertarik belajar jika melihat langsung berbentuk yang kita bahas. Untuk itu kita bisa menggunakan alat peraga yang bisa kita buat sendiri di rumah, gak usah yang ribet, yang penting intinya anak tahu jenis-jenis bangunan: segitiga, segiempat, lingkaran, dan sebagainya. Lebih praktis lagi sih beli mainan balok kayu warna-warni. 


3. Gunakan Metode Jarimatika


Metode yang dikembangkan oleh Septi Peni Wulandari sejak tahun 2000 ini merupakan singkatan dari kata jari dan matematika. Bisa ditebak dari namanya ya bahwa ini adalah metode belajar berhitung dengan menggunakan jari tangan. Tentu punya rumus dan pola khusus agar anak dapat menyelesaikan soal hitungan dengan cepat hanya menggunakan tangan saja. 

Saya pertama kali lihat ini saat Teman kantor saya di tahun 2012 lalu mengajarkan anaknya berhitung hanya dengan menggunakan tangan. Padahal penjumlahannya itu sudah masuk ke angka belasan bahkan puluhan. Kepo dong saya, jadi ingin tahu juga dan dibisikin deh teknik dasarnya. Nah, belakangan saya pun mencoba mempraktekkan ini kepada Si Kakak saat mendampinginya mengerjakan PR.  Kalau mau tahu caranya bisa lho cek di Youtube, saya pun juga masih terus belajar dari Youtube, heheheh. 


4. Belajar Berbelanja 


Si Kakak pertama kali saya minta untuk belanja di kios tetangga itu di usia 4 tahun lebih. Awalnya sih saya mencatat item yang ingin dibeli dan memberinya uang pas. Tapi belakangan ini saya sudah mulai mengajarinya nilai uang. Jadi sekarang kalau belanja, selain tetap menuliskan catatan belanjaan biar tidak lupa, saya memberitahukan jumlah uang yang dipegangnya dan juga estimasi harga barang. Sebelum menyerahkan belanjaan, saya meminta dia untuk menghitung kembali belanjaan dan mencocokkan uang kembaliannya (jika ada). 


5. Belajar sambil Bermain Game 


Belajar sambil bermain games bisa banget dong. Apalagi sekarang sudah banyak game juga kok yang memasukkan unsur edukasi di dalamnya. Mau belajar Bahasa? Bisa. Belajar Matematika? Juga bisa baget doong. Salah satu tempat bermain games yang recommended adalah di Plays.org dimana kita bisa mencari games berdasarkan kategori maupun kata kunci karena game yang disana itu banyak banget sampai bingung deh mau main yang mana dulu.  

Saya dan Anak-anak belakangan suka bermain game di Plays.org karena tidak perlu mendownload lagi dan websitenya juga gratis. Tentu mereka bermainnya di bawah pengawasan saya dong ya dan berikut beberapa game Matematika yang biasa mereka mainkan. 

Math Boy

Math Boy Plays.org


Math Boy ini berisi soal perhitungan sederhana yang bisa dimainkan anak. Cara bermainnya pun sangat mudah. Pertama kita tentukan dulu ingin soal apa: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian atau gabungan. Berhubung Si Sulung baru bisa penjumlahan dan pengurangan jadi yang sering dipilih adalah kedua soal ini. 


Puzzle Math

Puzzle Math Plays.Org


Anak suka bermain puzzle? Bisa banget nih diajakin main puzzle math di Plays.org seperti Si Kakak yang memang gemar bermain puzzle. Game ini terdiri dari 3 tingkat kesulitan: easy, medium, hard. Pilihannya hanya ada dua yaitu penjumlahan dan pengurangan. Untuk memenangkan pertandingan kita harus menyelesaikan 5 level yang disediakan. 


Math Time 


Math Time Plays.org


Game ini cukup mudah. Game ini terdiri dari 15 level dan kita hanya perlu menyelesaikan 5 soal setiap levelnya. Geser jawaban yang benar ke kolom yang telah disediakan. Nanti akan muncul total skor di akhir permainan. 


Find the Number


Find the Number Plays.org



Game ini melatih fokus dan ketelitian untuk menemukan angka yang telah ditentukan. Kita hanya butuh menemukan sebanyak mungkin angka yang diminta pada setiap level. Total level untuk permainan ini adalah sebanyak 20 level. Temukan jawaban benar sebanyak mungkin dan total nilai akan muncul di akhir permainan. 


Feed Math


Feed Math Plays.org


Gamenya unik nih.  Seperti namanya, feed math ini kita diminta untuk memilih jawaban yang benar dari kombinasi piring sushi yang disajikan. Jika jawabannya salah, maka permainan pun berakhir. Ini dapat melatih kecepatan dan ketelitian anak dalam berhitung.



Yeaay, ternyata belajar Matematika itu tidak horor dan membosankan ya jika kita memang bisa menemukan cara yang tepat dalam mengajarkan anak Matematika. Apalagi sekarang banyak media yang bisa kita gunakan salah satunya dengan bermain game di Plays.org. Ayo, sudah bermain game sambil belajarkah hari ini? 


Semoga bermanfaat ya. 




Diah
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Ice Cream
    Ice Cream 14 Desember 2021 01.41

    yang poin ke 5 boleh itu mbak,, saya termasuk paling suka kalau perkara matematika. dan memang menurut saya cara paling efektif belajar matematika itu diselingi dengan permainan.

  • Aminnatul Widyana
    Aminnatul Widyana 14 Desember 2021 14.32

    Wah, ternyata ada juga ya permainan yg berbau-bau matematika di plays.org ini. Sepertinya wajib dicoba buat anak2 nih

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 14 Desember 2021 18.33

    Duh suka sebel deh dulu oon matematika sekarang enak belajar rasa bermain berkat games seru

  • Mpo Ratne
    Mpo Ratne 14 Desember 2021 19.04

    Play. Org membuat belajar matematika jadi menyenangkan. Tidak bayar mahal les cukup kuota aja.

  • Melani Dewi Adikara
    Melani Dewi Adikara 15 Desember 2021 10.10

    Huaaa bisa buat referensi nih tulisan mbak Diah. Kebetulan anak Dewi ada yang kurang greget kalau belajar Matematika:D makasih ya mbak tipsnya.

  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina 15 Desember 2021 23.48

    Saya juga pake nih mbak. Alhamdulillah flek sedikit pudar jadi makin pede. Cuma emang harus rajin dan konsisten ya pakainya biar hasilnya maksimal


  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 16 Desember 2021 23.13

    enak ya belajar sambil bermain pasti menyenangkan. Di plays.org banyak pilihan mainannya. Dan gak perlu download lagi, bisa main di sana

  • Ainhy
    Ainhy 18 Desember 2021 00.39

    Belajar matematika cukup sederhana klu belajar sambil dipraktikan ya, mungkin bisa dgn belanja. Jadi hitung-hitunganya pasti pas. Hihi

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 18 Desember 2021 16.56

    Wah, plays.org ini memang mantap ya Mbak. Aneka game tersedia, mulai yang hanya utk hiburan, sampai yang bersifat edukasi utk belajar matematika gini juga ada. Makasih infonya Mbak

  • Zulmi
    Zulmi 19 Desember 2021 00.29

    Wah cocok banget buat anak poin ke 5 belajar matematikanya jadi ga menyeramkan..hehe

  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani 19 Desember 2021 05.20

    sekarang belajar matematika nggak sekaku jamannku SD dulu nih hahaha asik sekarang ya, banyak media digital yang bisa diakses secara gratis juga

  • Reni Dwi Astuti
    Reni Dwi Astuti 19 Desember 2021 21.43

    Nah ini kayaknya yang aku cari, soalnya anakku yang kecil sering angot - angotan kalau diajak belajar Matematika. Barangkali dengan belajar sambil main game gini dia lebih semangat dan tertarik.

  • Melyluthia
    Melyluthia 19 Desember 2021 21.48

    Beruntungnya anak jaman sekarang yah, bisa belajar matematika sambil bermain, kalo cara belajarnya seperti main game gini, udah pasti anak-anak gak bosan dong, orangtuanya juga jadi bisa ikut bermain sambil nemenin. Aku mau coba praktekkan ah ke anakku.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 19 Desember 2021 22.07

    biar lebih mudah memahami matematika, emang harus belajar dengan cara yang menyenangkan ya mbak

  • Asih Mufisya
    Asih Mufisya 20 Desember 2021 01.58

    Belajar matematika sambil main game bikin anak nyaman. Apalagi game seru, meskipun kelihatan serius tapi anak tetap bisa menikmatinya.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 20 Desember 2021 09.25

    Aku tuh lemah sekali ama matematika, mba. Ampir nyerah. Dulu pas SMP semlat les dan hasilnya selalu bagus bagus. Pas SMA duh parah deh. Makasih rekomendasinya ya mba Diah :)

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 20 Desember 2021 09.58

    Wah ternyata ada y belajar matematika dengan cara yang gk bkin bosen plus puyeng hihihi secara aku tuh paling gk bsa matematika tapi dengan Plays.org anak2 pasti mau belajar mtk

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 20 Desember 2021 10.45

    Asyik banget emang belajar matematika dengan permainan. Anak2 jd gak kyk belajar matematika ya mbak jd kyk bukan momok lagi gtu, Malah bikin nagih berhitung hehe.

  • nurfitri wardani
    nurfitri wardani 20 Desember 2021 13.22

    Boleh juga nih tips nya mbak. Soalnya anak saya matematika nya masih kurang. Efek kelamaan libur, hehehe

  • lendyagassi
    lendyagassi 20 Desember 2021 14.10

    Penyampaian matematika ini ketika menyenangkan, pastinya akan menjadi mata pelajaran yang digemari anak-anak yaa..
    Dan dengan bermain games, anak terus terpacu untuk bermain sambil berpikir.

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 20 Desember 2021 15.12

    Wah mantap nih di plays.org ada game math juga ya. Jadi semangat main sambil belajar nih

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 21 Desember 2021 10.23

    Seru banget kalau belajar matematikanya seperti ini ya mbak. Sederhana dan juga menjadi menarik perhatian buat anak ya mbak.

  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany 22 Desember 2021 01.47

    anak-anak pasti suka nih belajar sambil bermain kayak gini. dulu juga aku unggul di beberapa mata pelajaran karena main game. hihi

  • Antung apriana
    Antung apriana 22 Desember 2021 04.04

    Mantap nih main game sekalian bisa belajar Matematika ya, mbak. Mungkin nanti bisa kucoba nih ke anakku kalau dia sudah masuk SD nanti

  • Fadmala A
    Fadmala A 22 Desember 2021 14.19

    Wah, beneran menyenangkan nih kalau kayak gini gamesnya.. Sambil bermain dan belajar dong yaa.. Dapat manfaat double dengan permainan ini..

Add Comment
comment url