Salah satu kebiasaan yang saya lakukan ke anak-anak dan buat mereka ketagihan adalah membacakan cerita sebelum tidur. Sebenarnya tidak setiap malam juga saya membacakan mereka cerita tetapi sebisa mungkin ini saya lakukan agar mereka juga bisa suka buku sejak kecil. 


cerita sebelum tidur


Terkadang jika sudah saatnya tidur dan saya masih ada kerjaan, saya pun juga sebenarnya mencoba nego ke mereka agar tidur lebih dulu tanpa harus ada ritual membaca. Eits, tapi yang ada hasilnya malah mereka jadi sibuk bermain dan tidak tidur.  Bukannya bisa kerja dengan tenang yang ada saya malah jadi pusing menegur mereka yang berisik dan buat saya tidak konsenterasi. 


Membaca Bukan Sekedar Hobi


Sebagai orangtua yang memang senang membaca, saya memang ingin agar kelak anak-anak juga bisa senang membaca baik itu membaca buku fisik ataupun digital yang sekarang ini semakin mudah diakses. Buku digital pun tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa tetapi ada juga aplikasi khusus bacaan untuk anak-anak. Kita dapat mengenalkan anak-anak berbagai cerita dari dalam maupun luar negeri. Apalagi sekarang sedang marak digalakkan kampanye read aloud untuk anak-anak. 

Bagi sebagian orang membaca itu bukan hanya sekedar hobi tapi sebuah kebutuhan. Dalam Agama pun kita diminta untuk membaca. Karena dengan membaca kita dapat mengetahui informasi yang kita cari, menambah ilmu pengetahuan dan dengan membaca juga dapat menenangkan hati kita. Ini sekaligus bisa menjadi cara kita untuk menghargai diri sendiri yaitu melakukan sesuatu yang menyenangkan bagi diri sendiri. 


Memilih Bacaan Untuk Anak 


Tentunya dalam memilih bacaan bagi anak perlu untuk memperhatikan usia dan juga isi bacaan tersebut. Tidak perlu khawatir karana saat ini banyak pilihan bacaan untuk anak. Tidak hanya dongeng tetapi kita juga bisa membacakan kisah Para Nabi dan Rasul yang tentunya dikemas dalam bentuk cerita menarik dengan ilustrasi yang pasti akan sangat membuat anak tertarik untuk menyimak dan mendengarkan cerita dari kita. 


membaca cerita sebelum tidur


Tidak hanya itu, ensiklopedi untuk anak pun juga ada yang dilengkapi dengan sisipan cerita yang sangat keren dan akan membuat anak menjadi penasaran. Bahkan sejak bayi pun kita sudah bisa bercerita melalui media buku bantal lho, dimana sebagai orangtua kita bisa berkreasi mengenalkan warna dan bentuk pada anak untuk menambah kosakatanya. 


5 Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur 


Membaca cerita sebelum tidur tidak hanya membuat anak menjadi senang akan tetapi punya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini antara lain: 


1. Menumbuhkan Minat Baca

Tidak dipungkiri lagi bahwa anak adalah peniru ulung. Segala hal yang kita lakukan dan sering dilihat oleh anak akan tertanam pada memorinya dan akan membuatnya untuk bisa melakukan hal yang sama pula. Jadi, semakin sering kita membacakan cerita pada anak, akan membuat mereka merasa bahwa membaca cerita adalah suatu kebutuhan sehingga anak pun juga akan tertarik untuk melakukannya. Kebiasaan membaca yang kita tumbuhkan sejak dini tentu akan menular juga pada anak. Ini tentu akan mempengaruhi cara mereka berpikir dan mencari solusi dari suatu masalah yang ditemukannya. Tema yang beragam yang kita bacakan akan membuat anak mengenal berbagai macam jenis cerita. 


2. Memperbanyak Kosa Kata Anak

Anak yang sering mendengar cerita yang beragam tentu akan memiliki kosa kata yang lebih banyak karena dalam sebuah cerita terdapat berbagai macam kosa kata baru yang berbeda. Tidak hanya itu anak pun juga akan lebih mudah menghafal kata-kata baru dari cerita-cerita yang didengarnya. 


3. Melatih Kemampuan Mendengar

Saat membacakan cerita, anak akan fokus untuk mendengar. Disini juga anak akan belajar memahami isi dari cerita dan mencoba menghafal alur cerita yang kita bacakan. Tidak heran jika suatu saat kita membacakan kemballi cerita yang sama kemudian anak bisa menebak alur ceritanya dengan lengkap. 


4. Membantu Mengolah Emosi

Membaca cerita pada anak tentu berbeda, kita harus menyesuaikan dengan perasaan yang ingin disampaikan oleh cerita tersebut: bahagia, sedih, marah, kecewa dan lainnya. Kita bisa membaca cerita sambil mengekspresikan rasa bahagia sang tokoh ataupun sedih dan marah sehingga anak tahu dan bisa belajar untuk mengolah emosinya. 


5. Meningkatkan Bonding Anak dan Orangtua

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membacakan cerita sebelum tidur dapat meningkatkan bonding antara anak dan orangtua. Kita bisa menghabiskan waktu bersama anak hingga mereka tertidur, ini akan sangat terasa sekali apalagi bagi working parents yang hanya punya waktu lebih bersama anak di malam hari. Melalui kegiatan yang satu ini kita bisa berkomunikasi banyak dengan anak, sehingga mereka pun tetap merasa punya waktu bersama orantuanya. 



Penutup

Membacakan cerita sebelum tidur tidak butuh waktu yang lama kok, tapi ini bisa menjadi salah satu cara kita untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak. Orangtua bisa membacakan cerita beragam pada anak yang dapat kita sesuaikan dengan umur anak kita. 

Anak akan merasa senang karena bisa dekat dengan orangtua dan ini juga bisa menjadi suatu kebiasaan baik yang akan terus diingat anak hingga dewasa. Membacakan cerita sejak kecil akan menumbuhkan minat membaca pula pada mereka dan kemampuan berbahasanya pun juga akan semakin baik. 



Jadi, sudahkah kita membacakan cerita ke anak kita hari ini? 
Semoga bermanfaat. 



Diah

39 Comments

  1. Stimulasi bercerita sebelum tidur kayak gini emang banyak bgt manfaat buat anak, aku jadi inget udah lama gak bacain buku buat mereka :(

    ReplyDelete
  2. Banyak manfaat mendongeng sebelum tidur, yang paling kusuka dapat meningkatkan bonding time bersama anak

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih manfaatnya dan anak akan bisa membacakan buku untuk kita, masya Allah tabarakallah sekali

    ReplyDelete
  4. Semoga besok lusa kl aku sudah punya anak bisa telaten membacakan cerita kaya mbak ya. Aamiin
    Soalnya memang manfaat membacakan cerita ke anak luar biasa banget nih

    ReplyDelete
  5. Malu saya .. jarang saya bacakan anak2 cerita tapi memang ketika dibacakan cerita, anak2 suka sekali. Pastinya manfaatnya besar.

    ReplyDelete
  6. anakku sudah 9 tahun masih suka dibacakan cerita menjelang tidur, normal ngga sih mbaa..? dia sebenarnya kurang suka membaca, dan satu-satunya cara agar dia terkoneksi dengan buku adalah membacakannya.. meskipun sudah di usia 9 tahun ini. Tapi ngga apa-apa deh, mengingat manfaatnya ternyata juga banyak yaa.. jadi makin semangat membacakan cerita

    ReplyDelete
  7. Waktu Fahmi putra saya masih balita, iya ia senang banget dibacakan buku sebelum tidurnya. Sekarang udah bisa baca sendiri, dia jadi ga mau tuh baca buku sebelum tidur. Tapi baca bukunya enggak tertinggal dong. Hanya ganti waktu
    Ia suka baca setelah duhur abis makan biasanya...

    ReplyDelete
  8. Banyak ya manfaat membacakan buku sebelum tidur. Tapi anakku mengaku kalau ia malah ga bisa tidur karena terlalu antusias sama isi bukunya >.<

    ReplyDelete
  9. Banyak bangett ya manfaatnya. Akhir2 ini sering ketiduran duluan trus lupa bacain buku. Baca ini jd kembali disadarkan nih

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah anakku tips yang suak baca sebelum tidur. Hehe. Tapi pernah juga beberapa hari ngga mau baca sebelum tidur XD

    ReplyDelete
  11. Dlu saat anak2 kecil mereka suka mnta diceritain dongeng dari buku, saat kita bacakan cerita anak tuh suka nanya pingin tahu karakter2nya nah ini buat saya stimulasi yang bagus agar anak2 bisa berinteraksi dengan baik sama orang tuanya alhamdulilah sekarang anak2 saya biasa berkomunikasi dengan kita saat lagi santai mereka bebas mau crta apa aja

    ReplyDelete
  12. Sepakat soal menambah kosakata deh Mba.. Berasa banget manfaat membaca cerita bersama sebelum tidur begini. Anak anak jadi kenal lebih banyak kata dan belajar mengekspresikannya juga.

    ReplyDelete
  13. Mungkin di awal sang anak akan menolak ya mba,dibacain buku cerita.
    Tapi lama kelamaan jadi terbiasa,apalagi buku yang kita kasih full color sehingga menarik minat baca nya.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget dahulu ketika membacakan buku cerita untuk anakku yang sekarang usia 19 tahun. Sekarang masing-masing baca buku sendiri sebelum tidur.

    ReplyDelete
  15. Laily Fitriani30 July 2021 at 21:50

    Sepakat dengan manfaat membacakan cerita Mbak. Saya udah lama ndak dongengin anak nih, mau mulai lagi.

    ReplyDelete
  16. Walau sudah ada gadget tapi usahakan juga ya mbak ortu bisa dekat dengan anak salah satunya menceritakan dongeng sebelum tidur. Sekrng mgkn kegiatan itu di beberapa keluarga sudah memudar ya

    ReplyDelete
  17. Anakku juga suka mba dibacakan cerita anak sebelum tidur. Walau gak sering, apalagi sekarang susah diajak tidur siang. Akhirnya jam 7 malam udah minta tidur. Kalau sebelum tidur biasanya dia minta dibacakan dari aplikasi digital, karena ceritanya bergambar si kecil jadi senang. Memang membacakan anak cerita sebelum tidur itu, bikin bonding makin kuat.

    ReplyDelete
  18. Memang banyak banget manfaat membaca cerita sebelum tidur buat anak, selain meningkatkan bonding, anak juga bisa berimajinasi dengan cerita yang Kita bacakan. Selain itu menambah kosa kata anak.

    ReplyDelete
  19. Betul Mba. Membacakan dongeng sebelum tidur sangat bermanfaat. Si kecil jadi bertambah kosa katanya. Terkadang saya kaget sendiri. Eh, tau dari mana kosa kata tersebut. Pokoknya jadi ceriwis. Seru deh... hehehe

    ReplyDelete
  20. Waktu anakku masih kecil selalu mba ada dongeng dan baca sebelum tidur. Alhamdulillah biar gak rewel dan bisa juga menambah kosa perbendaharaan kata anak dan juga bonding.

    ReplyDelete
  21. Membacakan dongeng sebelum tidur memang bikin anak nyaman. Anakku malah minta tidak hanya saat tidur aja, tapi juga di waktu senggang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, jadi anak seneng dibacain cerita dongeng, ya, Mba. Dia juga jadi ikut berimajinasi. Memang bagus juga dirutinkan kegiatan ini biar anak suka membaca juga nantinya

      Delete
  22. Bersyukur anakku hampir 5 tahun dan masih suka banget didongengin. Mungkin nanti kalau sudah bisa baca lebih seneng baca dongeng sendiri ya :)))

    ReplyDelete
  23. Aku suka banget kalau sama anak tidak khusus pada dongeng. Tapi ngobrol apa aja sebelum tidur. Terima kasih pengingat untuk aku semangat dongengin anak

    ReplyDelete
  24. aku masih belum konsisten nih mbak bacain buku ke anak sebelum tidur. kadang pengennya anak-anak langsung tidur aja. heu. semoga ke depannya bisa lebih rajin nih bacain buku ke mereka

    ReplyDelete
  25. Noted mba. Wah ternyata bisa berguna untuk mengolah emosi ya mba. Ku harus mulai habit baik ini mulai dari besok ya. Kita malah nonton TV sebelum tidur huhu

    ReplyDelete
  26. betul banget nih mbak. imajinasi anak juga makin berkembang. emmbacakan buku sebelum tidur itu emang banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
  27. Perlu sekali ya kak, membacakan buku cerita anak sebelum tidur jadi bonding time nih antara anak dan mama

    ReplyDelete
  28. Kebiasaan yang bagus untuk dilakukan mbak. Anak saya juga senang dibacakan buku apalagi cerita-cerita hikayat jaman dulu.

    ReplyDelete
  29. Jadi keinget waktu kecill, sering banget di nina boboin terus dibacain cerita sebelum tidur hhii

    ReplyDelete
  30. Saya juga lumayan sering bacain buku sama bocah sebelum tidur. Kalau saya selingan sama dongeng yang saya karang-karang sendiri juga siy mbak, manfaat yang paling terasa kosa katanya yang nambah banget

    ReplyDelete
  31. Anak saya lagi suka-sukanya baca buku, mau tidur bangun tidur nyariin buku-bukunya terus. Semoga ada manfaatnya kelak..

    ReplyDelete
  32. Setuju banget nih mba kalo bacain buku sebelum tidur bisa memperkuat bonding antara anak dan orangtua. Anak pasti akan ingat memori tersebut sampai dia besar.

    ReplyDelete
  33. Fabio seneng banget dibacain cerita sebelum bobo. Malahan, saya lagi seru-serunya baca cerita, eh dianya udah tidur. Mau dibangunin itu ya gimana.

    Tapi menyenangkan sih emang ngebacain dongeng sebelum tidur itu. Kalau dibilang menambah kosa kata, hmm...ya memang dia so talkative sih.

    ReplyDelete
  34. Betul sekali, membacakan cerita sebelum tidur memanh banyak manfaatnya baik untuk anak maupun orang tua ya.. senang rasanya ketika anak menangkap esensi bacaan ditandai dg kemampuannya menceritakan ulang cerita itu versi dia..

    ReplyDelete
  35. Setuju bagian memperkaya kosa kata. Soalnya waktu kecil kosa kata kita itu terbatas kan ya. Pas dengerin cerita sebelum tidur otomatis jadi asupan kosa kata yang akhirnya diserap sampai terlelap

    ReplyDelete
  36. Duh kangen banget dibacain cerita sebelum tidur, apalagi cerita-cerita dari dongeng dimasa dulu.. Mulai dari si kancil, upin ipin, dan lain sebagainya.. rindu banget

    ReplyDelete
  37. Sepertinya saya harus mulai mengoleksi buku-buku anak. Biar nanti pas anak udah paham dibacakan cerita, saya tidak bingung lagi mau cerita tentang apa.

    ReplyDelete
  38. aku masih belum konsisten sih mbak bacain buku ke anak. kadang merekanya tidur sudah lumayan malam sampai kayaknya nggak tega buat bacain cerita lagi. trus kalau mau dibacain buku lewat hape malah rebutan mau nonton youtube. heu

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)