Saat ini yang menjadi sorotan adalah fenomena terhadap maraknya es kopi susu di Indonesia. Fenomena ini kemudian berkembang menjadi sebuah tren yang membuat banyaknya gerai kopi tersebar di Indonesia, khususnya di kota-kota besar dengan menyajikan minuman es kopi kekinian. Salah satunya adalah Kopi Tuku


Pada 2015 lalu, Andanu Prasetyo sebagai pendiri Kopi Tuku awalnya menawarkan menu bernama Es Kopi Susu Tetangga, kemudian setelah itu tren kopi suu mulai mewabahi para pelaku industri Food & Beverages, khususnya kepada mereka yang fokus pada bisnis kopi. Melalui kedai pertama di bilangan Cipete, Jakarta Selatan inilah, Andanu Petyo atau akrab disapa Tyo pun berhasil mempopulerkan cara lain dalam menikmati secangkir kopi.

Es Kopi Susu Tetangga memilki rasa yang khas karena menggunakan gula aren sebagai pemanisnya. Tidak heran jika banyak juga dari masyarakat yang ingin mencoba untuk membuat es kopi susu yang memiliki rasa yang sama. Namun, meski banyak yang mencoba untuk mencoba membuatnya menu Es Kopi Susu Tetangga racikan Kopi Tuku sudah sangat melekat dengan tren es kopi susu. 

Rahasia Legitnya Es Kopi Susu, Kopi Tuku

Kopi Tuku by Andanu Prasetyo
femina.co.id

Temans juga bisa mencoba membuat Es Kopi Susu Tetangga khas Kopi Tuku sendiri di rumah lho. Jika ada yang penasaran dengan rasa otentiknya, Tyo yang merupakan lulusan dari Universitas Prasetya Mulya dengan baik hati membagikan resep asli Es Kopi Tetangga. Simak ulasannya ya.

1. Siapkan Base Kopi yang Pas

Karena es kopi susu itu memiliki tekstur yang kental, maka kita harus menyiapkan base kopi yang juga memiliki tekstur kekentalan yang pas. Tyo menggunakan espresso. Espresso adalah jenis kopi yang digunakan dalam membuat Es Kopi Susu Tetangga karena espresso memiliki tingkat kekentalan yang cocok untuk diracik menjadi es kopi susu. Tidak hanya itu, espresso yang kaya akan rasa akan membuat rasa pahit kopi akan tetap terasa di setiap sesapannya.

2. Gunakan Rasio Cairan

Rasio cairan antara kopi espresso dengan air harus diperhitungkan dan jangan sampai rasa dari base kopi menjadi tawar karena air yang ditambahkan terlalu banyak, karena espresso itu kaya rasa. Namun jika ingin membuatnya memiliki rasa yang lebih ringan atau tekstur yang lebih encer, maka air bisa ditambahkan aatau diperbanyak yang penting jangan sampai membuat rasa base kopi menjadi tawar.


kopi Tuku
pergikuliner.com


3. Memilih Susu yang dengan Kandungan Banyak Lemak

Karena es kopi susu itu memiliki tekstur yang kental, ia menyarankan untuk menggunakan susu dengan kandungan banyak lemak. Hal ini karena susu yang memiliki lemak yang banyak pasti mempunyai tekstur yang lebih kental. Namun jika Temans ingin membuat es kopi susu yang lebih encer, maka kita bisa pilih susu dengan kandungan lemak yang lebih sedikit.

4. Menambahkan Krim

Jika kita hanya dengan menggunakan susu saja, teksturnya tidak akan sekental kopi yang diinginkan. Maka dari itu krim harus ditambahkan agar rasanya juga semakin legit dengan tekstur yang kental.

5. Gula Aren sebagai Pemanis

Di tahap terakhir, gula aren digunakan sebagai pemanis dari es kopi susu karena ciri khas dari Es Kopi Susu Tetangga adalah terletak pada cairan gula aren yang digunakan. Tyo menggunakan gula aren dengan tingkat kekentalan tertentu. Adapun rasio yang digunakan Tyo untuk membuat cairan gula aren ini adalah 40 gr kopi, 120 gr susu dan sekitar 30 gr gula aren.


Nah, gimana nih yang pecinta kopi? Sudah siap racik es kopi aLa Es Kopi Susu Tetangga khas Kopi Tuku? Pastinya dong ya. Selamat mencoba! ☕


26 Comments

  1. jadi pengen nyoba deh hehe aku pernah juga beli kopi yang dengan gula aren, rasanya memang lebih enak lebih legit gitu.
    btw followback ya kak. biar makin akrab.

    ReplyDelete
  2. Aduh jadi pengen coba es kopi beginian, kalau kopi saya jujur ga gitu suka. Tapi kalau es kopi susu masih bisa Nerima lidahnya hihi

    ReplyDelete
  3. Untuk kopi memang saya belum bisa menikmati ni mbak diah, huhu. Kalau suami suka. Saya lebih suka cokelat ni. Tapi setiap resep rahasianya aku baca mbak, memang dalam takaran dan penggunaan gula aren ya kuncinya. Thankiss ya mbak diah dah dibocorin

    ReplyDelete
  4. cocok nih buat saya yg (terpaksa) doyan begadang, biar nggak melulu kopi yg itu itu aja, hihi..

    ReplyDelete
  5. Nah aku suka nih kalau pemanisnya gula aren. Pingin nyicip kopi aslinya deh. Tapi kapan kapan ngulik bikin sendiri. Siapa tau sukses, paksu hepiiii

    ReplyDelete
  6. Wahh mantap nihh, biar begadang jadi lebih asyik kalau ditemani dengan varian rasa kopi gini yaa..
    Tapi sayang di daerahku belum ada niih :(

    ReplyDelete
  7. baca ini malem-malam jadi pengen minum es kopi pasti nulis makin syahduuuu

    ReplyDelete
  8. Ya Allah pas banget seharian ini entah kenapa suami lagi kepingin ngeracik kopi susu sendiri. Beruntung banget nemu peternak susu sapi asli di kampung sini, jadilah cuss eksekusi. Bener-bener nikmatnya luar biasa, badan sampe gemeter habis bersesap-sesap. Oh ya kalau kopi jenis espresso ini bisa nyari dimana ya?

    ReplyDelete
  9. Kalau ini mah udah bisa dipastikan enak ya.. Ya karena aku suka bgt yg namanya gula aren.. Apa aja klo ditambah gula aren, pasti rasanya beda. Apalagi ini di campur di kopi.. Duuuh ngeceees deh ngebayanginnya

    ReplyDelete
  10. Huhuu sayangnyaa aku bukan pecinta kopi ;) tp nikmat bgt ya liatnya hihii puas pasti kalo seliter gt hehe

    ReplyDelete
  11. Hehe selaku bukan pecinta kopi, aku malah jadi tertarik kapan2 buat atau cobain es kopi nya, atau menyedikan buat suami.. hihi ternyata begitu ya tipsnya

    ReplyDelete
  12. Aku langsung ngebayangin nikmatnya ketika diseruput pas dingin mba Diah. Ngiler pagi-pagi dipamerin kopi diriku hahaha

    ReplyDelete
  13. Wah pecinta kopi wajib icip nih keknya. Sumpah penasaran saya.

    ReplyDelete
  14. Menggiurkan nih, emang kopi susu itu lebih mantap kalau pake gula aren ya mbak. trus dikasi es dan diminum di siang hari. Ya ampun, seger banget.

    ReplyDelete
  15. Andai deket aku beli nih mbak soalnya aku pecinta kopi banget. Skrng peluang usaha dr ide sederhana pun jadi ya mbak

    ReplyDelete
  16. Baca ulasannya udah ngeces nih ngebayangin rasanya yang pas mantap. Jadi pengen cobain dirumah sambil dinikmati bareng keluarga

    ReplyDelete
  17. Aku penasaran kopi tuku ini udah ada cabangnya di bekasi belum, ya? Soalnya pengen nyicip kopi susunya. -Bacaanipeh

    ReplyDelete
  18. Saya bukan pecinta kopi sih Kak, hehe tapi kalau yang namanya es atau minuman dingin gitu doyan banget jadi penasaran dengan es kopi tutu ini

    ReplyDelete
  19. Meski bukan pecinta kopi, tapi saya suka sekali menghirup aroma kopi
    Apalagi yang pakai gula aren sebagai pemanisnya. Wangiiiii

    ReplyDelete
  20. Yg paling unik adalah gula arennya sih. Jika dulu menggunakan gula aren itu seolah tidak mungkin, justru sekarang jadi resep unik yang mantap. Yummy

    ReplyDelete
  21. Baik banget mas Tyo, mau membagikan resep es kopi susu tetangga pada khalayak. Semoga rejekinya makin melimpah.

    ReplyDelete
  22. Suka banget aku kopi campuran macam ini. Andai deket rumah bisa nih buat teman nulis-nulis pas malem.

    ReplyDelete
  23. Coffee lovers baca ini langsung ijo mbaaak. Hahaha.. Pasti kopi tukunya enak banget. Lihat gambarnya aja udah ngiler. Hahaha

    ReplyDelete
  24. Kopi susu favorit saya. Kl kopi susu khas Aceh namanya Sanger 👍😊

    ReplyDelete
  25. kemasan glass nya lucu, jadi penasaran incip2 kopinya, maklum, daku mayan cinta sama kopi hihi

    ReplyDelete
  26. aduh pake gula aren, suka banget aku hehe

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)