Terkadang, seseorang lebih memperhatikan penampilan fisik yang memang dapat langsung terlihat dari luar ketimbang kesehatan diri dari dalam yang sebenarnya malah bisa menjadi pendukung utama penampilan itu. Menggunakan pakaian bersih yang matching dari atas hingga ke bawah, model yang up to date dan juga branded pasti menjadi sebuah pilihan tapi ada yang dilupakan yaitu kesehatan diri, salah satunya adalah bau mulut. Duh, kalau bisa jangan sampai deh kita mengalaminya. Jadi kita memang harus sadar akan pentingnya merawat kesehatan, seperti mulai mengenali penyebab nafas bau itu sendiri. Karena dengaan mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut kita jadi bisa menghindarinya, bukan? 



Ya gimana, pasti risih dong jika tiba-tiba kumpul lalu teman-teman pada menjauh karena merasa tidak nyaman dengan kita saat ngobrol bareng atau pada lain kesempatan saat ada pertemuan penting dengan klien tiba-tiba semua dibatalkan karena lawan bicara kita tidak tahan lagi dengan kita, duuh ambyar deh. Makanya penting banget lho untuk mengetahui apa saja penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.  


Penyebab Nafas Bau yang Sering Disepelekan 



bau mulut
pic: dentist.co.id


Kita memang tidak bisa ya mencium bau mulut atau nafas kita sendiri, makanya hal ini sering terlewat begitu saja dari perhatian kita. Tapi jika terus-terusan cuek ataupun abai dengan kondisi mulut kita itu bisa jadi boemerang juga kan buat kita. Nah, pasti pada ingin tahu juga kan apa aja sih penyebabnya? Yuk, kita langsung lanjut aja ya. 


1. Mulut Kering 

Penyebab bau mulut utamanya disebabkan oleh mulut yang kering karena kurangnya mengonsumsi air puttih. Saat dehidrasi inilah maka produksi air liur dalam mulut menjadi berkurang. Padahal air liur itu sendiri berfungsi untuk membersihkaan mulut secara alami dan membunuh bakteri. Kurangnya air liur dalam mulut menyebabkan bakteri tumbuh bebas di sela-sela gigi maupun lidah. 

2. Kebersihaan Mulut yang Tidak Terjaga 

Sisa makanan yang tertinggal pada sela gigi dan juga lidah dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dan penumpukan plak pada gigi akan menyebabkan bau mulut. 

3. Makanan atau Minuman Tertentu

Ada beberapa makanan atau minuman yang dikenal sebagai pemicu timbulnya bau mulut tak sedap seperti; kopi, bawang, petai, jengkol dan rempah-rempah yang memiliki aroma menyengat. 


4. Gangguan Pencernaan

Penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti asam lambung atau maag (Gred) dapat pula menyebabkan bau mulut. Bagi yang menderita maag sebaiknya selalu siap sedia membawa obat maag kemana pun agaar dapat membantu menetralkan keasaman di perut. 

5. Rokok 

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak saluran pernapasan tapi juga menurunkan produksi air liur dalam mulut sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut. Selain itu, perokok aktif pun juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit gusi dan mulut kering akibat tar dari rokok yang bisa membuat napas menjadi bau dan semakin parah. 


Bahaya Nafas Bau Bagi Kesehatan 


Ayoo ngaku, siapa nih yang sebenarnya udah tahu penyebab nafas bau namun masih sering mengabaikaannya? Mungkin tepatnya santai aja gitu ya menghadapinya padahal kalau dibiarkan berlarut bau mulut atau bau nafas ini berbahaya juga ya bagi kesehatan. Jadi tidak hanya menurunkan rasa percaya diri saja tapi jika berlanjut, itu wajib diwaspadai lho karena bisa jadi sebuah tanda adanya gangguan kesehatan pada gigi, mulut atau bahkan kondisi medis tertentu. 


Cara Mencegah Nafas Bau Agar Selalu Tampil Percaya Diri


Setelah tahu penyebab dan bahaya dari nafas yang bau tentu kita tidak ingin lagi menyepelekan hal ini kan? Berikut beberapa cara mencegahnya agar kita bisa selalu merasa nyaman dan tampil percaya diri. 


💧 Rajin Minum Air Putih
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan anjuran minum air putih minimal 8 gelas setiap hari kan? Jika bisa lebih banyak dari itu malah lebih bagus lagi lho.  Karena jika kita kurang minum air putih akan terjadi dehidrasi dan mengalami gangguan kesehatan lainnya. Air putih pun juga sangat mudah didapatkan bahkan sekarang orang sudah punya kebiasaan sehat membawa botol minum sendiri kemana pun pergi. Saat berpuasa di bulan Ramadhan aja kita tetap harus mengonsumsi air yang cukup lho agar tubuh tidak dehidrasi. Jadi, pastikan ya kebutuhan air dalam tubuh tercukupi setiap harinya. 


💧 Bersihkan Gigi dan Mulut Secara Tepat
Menggosok gigi dianjurkan setidaknya dua kali sehari setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Gosok gigi selama 2 menit secara menyeluruh, tidak hanya gigi tapi juga lidah karena sisa makanan yang tertinggal pada lidah inilah yang membuat bakteri berkembang dan menyebabkan bau mulut. Jika perlu, berkumurlah dengan mouthwash agar dapat membantu membersihkan mulut secara menyeluruh dan juga menjaga kesegaran mulut serta bisa juga menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tidak dapatt dijangkau oleh sikat gigi. 

💧 Menjaga Asupan Makanan dan Minuman
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa makanan maupun minuman yang dapat memicu timbulnya masalah bau mulut, jadi sebaiknya menghindari makanan dan minuman tersebut secara berlebihan apalagi saat harus berhadapan dengan orang lain. 

Nah, gimana? Sudah siap tampil percaya diri dan terbebas dari masalah bau mulut atau nafas bau kan? Meskipun sekarang ini kita wajib memakai masker dan kemungkinan besar nafas kita tidak tercium oleh orang lain tapi tetap dong harus menjaga kesehatan mulut juga ya. 😁

Semoga bermanfaat. 😉 


7 Comments

  1. Benar banget sih, kadang kl lagi puasa rasanya ga pede kalau ngomong2 depan orang. Takut bau napas, hhhh
    Kudu baanget rajin membersihkan gigi secara tepat dan rutin ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Minum air yang putih cukup jadi solusi beragam keluhan kesehatan ya. Kadang kalau ama daku, daku hitungin biar nggak kurang minumnya

    ReplyDelete
  3. Jujur saya kadang menderita bau mulut apalagi kalau mag ku kambuh, untungnya saya rajin minum air putih kata suami, sudah tidak bau lagi.

    ReplyDelete
  4. tipsnya sudah saya lakukan semua mba, sejauh ini kalau sama diri sendiri ga kecium bau sih heheh, mudah-mudahan aja memang ga kecium bau deh, aamiin

    ReplyDelete
  5. Dengan pakai masker sekarang jadi merasa lebih aman ketika ngobrol ma orang lain.

    Karena paling anti ma yg namanya bau mulut.

    Btw tips nya bisa dicoba, terutama yg minum air putih. Karena manfaatnya banyakk

    ReplyDelete
  6. Waktu masih gadis aku perfeksionis banget soal bau mulut. Kadang sikat gigi sampai 4 kali sehari saking ngejaga supaya nggak ada bakteri menumpuk. Tapi setelah menikah dan punya anak jadi cuek banget. Hehe. Padahal sama aja. Harus di jaga terus ya.
    Bener juga nih kata mba Diah, kita nggak tau dan nggak bisa nyium bau mulut sendiri. Semoga aja dengan menjalankan tips di atas bisa mencegah bau mulut.

    ReplyDelete
  7. Jadi tahu kalau ternyata gangguan pencernaan juga pengaruh ke aroma nafas, ya. Memang paling kurang nyaman kalau saat bicara ada aroma mulut yang kurang sedap. Bikin kurang PD.

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)