Salah satu yang membuat pengunjung betah berlama-lama di blog seseorang adalah tampilan dan juga kecepatan saat masuk atau mengakses blog itu sendiri. Yup, pasti malas banget kan ya jika mampir ke suatu blog namun harus menunggu lama saat ingin membaca artikel-artikel yang ada di dalamnya? Tentu Temans tidak mau dong blognya sepi atau kehilangan pengunjung hanya karena template blognya yang tidak mudah diakses. 

memilih template blog

Oleh karena itu penting banget ya memilih template blog yang designnya bagus namun juga mudah diakses melalui perangkat (device) apapun. Terlebih lagi sekarang ini kebanyakan Blogger melakukan kunjungan atau blogwalking dari gadget. Ayo, cung siapa nih yang sering blogwalking pakai handphone? Pasti senang kan kalau blog yang dikunjungi itu punya template yang ringan dan gak bikin mati gaya saking lamanya nunggu saat mengaskesnya, hehehh.  


Template yang Diminati Blogger  

Tampilan atau template dari sebuah blog juga mencerminkan gambaran pemilik atau si empunya blog. Ini juga disesuaikan dengan niche blog itu sendiri. Apakah Blogger tersebut mengusung niche lifestyle, traveling, parenting ataupun niche lainnya.

Bagi yang memilih niche lifestyle biasanya lebih memilih design yang simple, polos atau sesuatu yang khas dari sang Blogger, brandingnya apa gitu. Ntah itu warna kesukaannya atau tentang hobinya. Beda lagi kan ya dengan yang berniche traveling, tentu akan memilih tampilan yang menggambarkan sebuah perjalanan, begitupun juga dengan niche parenting dan sebagainya. Aneh banget pasti jika nichenya parenting misalnya tapi template blognya menampilkan otomotif, hehehh. 

Ada beberapa kriteria template yang sering dijadikan patokan dalam memilih template. Mobile friendly,  SEO friendly dan Responsive template adalah kriteria template yang diminati oleh para Blogger. Namun belakangan responsive template lah yang paling banyak peminatnya. Bahkan Google sendiri pun menyarankan untuk menggunakan jenis template ini agar memudahkan pengguna web/blog dalam mengaksesnya dan juga memudahkan Google dalam mengindeks halaman tersebut. 


Pentingnya Memilih Template Blog yang Tepat 

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi bahwa salah satu alasan pengunjung betah berlama-lama di blog kita adalah karena tampilan dan kecepatan blog yang tidak menyulitkan pengunjung. Nah, oleh sebab itu dalam memilih template harus pula memperhatikan beberapa poin berikut: 

1. Mudah Diakses dan User Friendly

Untuk menarik pengunjung, penting banget memperhatikan tampilan dan juga navigasi blog kita agar mudah diakses dan membuat pengunjung nyaman. Inilah yang disebut dengan user friendly. Blog yang tidak memiliki navigasi yang baik akan membuat pengunjung merasa bosan dan bingung ketika ingin mencari artikel-artikel lain yang ada dalam blog tersebut. 

Jadi, penting banget ya memperhatikan navigasi blog agar pengunjung bisa betah dan berlama-lama membaca blog kita, hal ini tentu akan berdampak baik juga buat blog kita karena akan menaikkan pageview. Dengan kata lain, ini juga mengindikasikan bahwa blog kita adalah blog yang berkualitas dan memiliki traffic yang tinggi. 

2. Layout Template yang Bersih dan Rapi

Saking banyaknya free template maupun premium template yang ditawarkan di berbagai website penyedia template, kita jadi bingung sendiri kan ya mau pilih yang mana? Eits, gak usah bingung coba deh pilih template yang backgroundnya putih ketimbang yang berwarna-warni atau yang gelap. Template dengan background putih itu masih lebih banyak diminati karena tidak membuat mata jadi cepat lelah saat membaca. Apalagi kan sekarang banyak yang mengakses blog via mobile, duuh mata juga perlu dijaga kan ya kesehatannya. 

Kalau blog yang latarnya gelap atau berwarna-warni membuat mata jadi lebih ekstra kerjanya, otomatis harus sering berkedip dong. Jujur, saya sendiri sih kalau ketemu blog yang berwarna gelap itu duuh auto males, tapi mau gimana lagi ya kalau harus blogwalking disitu demi menuntaskan kewajiban, hihihih. Jadi, tolong pikirkan pengunjung juga ya dalam memilih background templatenya. 

Selain background, pilihlah template yang sidebarnya berada di sebelah kanan. Mengapa? Menurut buku yang saya baca, Blogging: Have Fun and Get the Money dari Mbak Carolina Ratri (hal.59) mengatakan bahwa: 

... penempatan sidebar ini ada kaitannya dengan teknik dasar SEO. Mesin pencari itu membaca blog kita dari kiri ke kanan, jadi yang akan terbaca pertama kali itu adalah artikel blog bukan widget atau menu pada sidebar. Jika widget atau menu sidebar ada di sebelah kiri (apalagi penuh dengan script), maka mesin pencari seperti Google lebih susah mengenali konten atau artikel blog. Hal ini nanti akan menjadi salah satu penyebab blog kita tenggelam di antara ribuan blog lain dalam indeks Google. 

Nah, ayooo ada yang sidebarnya masih di sebelah kiri? Bisa dipertimbangkan ya ini untuk memindahkannya di sebelah kanan agar performa blognya makin kece lagi. 😊 

3. Template yang Responsif dan Mobile Friendly   

Template yang responsif itu apa sih? Responsive template yaitu design template/tema yang dapat menyesuaikan tampilan layar sesuai dengan perangkat yang digunakan baik itu melalui PC, Tablet maupun mobile (handphone). Dengan menggunakan template yang responsif, pengguna akan merasa nyaman dan mudah dalam membaca dan melihat informasi yang ada pada web/blog tersebut karena ukuran, gambar dan tata letak akan menyesuaikan dengan lebar layar dan resolusi monitor yang digunakan. Pada umumnya, responsive template ini sudah menggabungkan antara mobile friendly dan juga SEO friendly yang menjadi kebutuhan para Bloggers. 


tampilan blog diahalsa

Saya sendiri memilih responsive template untuk kedua blog saya agar memudahkan teman-teman dalam mengakses blog saya, apalagi jika meggunakan mobile/handphone karena saya sendiri pun juga lebih banyak melakukan aktivitas blogging via mobile. Dari segi tampilan, bentuk responsive template ini juga tidak jauh berbeda dengan jika kita mengakses dari resolusi layar yang lebih lebar yaitu laptop maupun PC. 

4. Loading Template yang Cepat 

Hal penting lainnya adalah kecepatan akses atau loading saat masuk ke dalam blog kita. Tentu kita tidak mau dong blognya sepi karena loading speed yang lambat. Yang tadinya sudah masuk tapi karena loadingnya lama pengunjung jadi memutuskan keluar dan ini akan mengganggu performa blog kita juga pastinya karena bounce rate pun jadi akan meningkat. 

Salah satu penyebab loading blog yang lambat disebabkan oleh template yang berat sehingga memperlambat pula proses loadingnya. Maka, penting banget ya memilih template yang ringan dan fast loading. Mau tahu kecepatan template yang dipilih? Salah satunya bisa dicek di www.gtmetrix.com. 


loading template diahalsa


Ini loading test dari kedua template blog saya. Terlihat jelas ya blog utama itu lebih fast loading ketimbang blog yang sedang Temans baca sekarang ini. Masih belum dapat template yang pas sih untuk blog ini. Memilih template itu kan gampang-gampang susah juga sih menurut saya, secara banyak banget pilihannya, hehehh. 

Oh iya, agar loading blog jadi cepat itu baiknya memasang widget yang penting-penting saja ya. Sebaiknya hindari memasang gadget/widget seperti jam dan kalender. Kenapa? Karena kedua item ini sudah ada pada taskbar windows kan, jadi untuk apalagi disematkan pada blog kita? Yang ada malah akan memberatkan loading page blog kita saja. Lalu ada satu lagi tuh, widget musik. Alasannya kenapa? Musik ini sering buat orang kaget lho saat blogwalking, apalagi jika malam hari. Yang tadinya sepi tiba-tiba ada musik kan jadi sesuatu. Tentunya widget musik ini juga berat dan membuat loading page jadi lambat. 

5. Tipe Font yang Digunakan 

Mungkin terlihat remeh, tapi ada juga lho tipe pembaca yang senang dengan font tertentu yang digunakan pada sebuah template yang dapat mempengaruhi kenyamanan pembaca. Tentu jika merasa nyaman pembaca tersebut akan betah dan bisa berlama-lama juga dong ya di blo kita. 


Premium Template VS Free Template 

Bagi yang tahu coding atau otak atik HTML maupun CSS sih asyik ya, bisa mencoba membuat template sendiri dengan cara belajar mengikuti tutorial ataupun belajar langsung ke ahlinya. Pastinya akan ada kepuasan tersendiri dong ya menggunakan template hasil karya sendiri. 

Tapi bagi yang awam atau ingin mudah seperti saya sih lebih memilih menggunakan free template yang banyak tersedia atau bisa juga dengan cara membeli premium template yang tentunya punya lebih banyak keunggulan dibanding free template

Menggunkan premium template atau free template memang pilihan dan kembali lagi kepada masing-masing Blogger. Namun, dengan menggunakan premium template tentu akan menjadikan tampilan blog kita terlihat jadi lebih profesional karena tidak ada lagi link credit pada footer template seperti pada free template kebanyakan. 

Tidak hanya itu,  kita pun akan mendapatkan support dan update dari creator terkait template tersebut. Ups, selain itu dengan menggunakan premium template maka tampilan blog kita menjadi unik dan berbeda karena kita bisa custom sesuai dengan keinginan kita. 

polling IGs diahalsa


Apalagi di momen akhir tahun seperti sekarang ini banyak banget lho premium template yang sedang diskon, salah satunya di Etsy.com itu yang udah jadi incaran saya dari kapan waktu tapi belum juga tereksekusi sampai hari ini. Padahal kemarin juga sempat buat polling ala-ala di IG Story tentang ini, hihih. Setelah ini mau langsung cek ah, semoga masih dapat harga coret a.k.a. diskon deh. 😃 

Nah, gimana udah siap ganti template juga seperti saya? Anggaplah sebagai resolusi tahun baru biar jadi makin semangat lagi nanti ngeblognya. Kalau ada yang mau tambahin mengenai memilih template ini boleh banget lho ya, feel free to drop your comment. 😉

Happy Blogging dan selamat menyambut tahun baru 2021, semoga lebih baik lagi. 




Cheers, 
Diah

58 Comments

  1. Aku juga prefer beli premium template mbak Diah. Kemaren awal tahun sempet mau beli di Etsy, eh ternyata di indo banyak jg desainer keren template blog. Langsung jatuh deh igniplex yg kupake, trus Krn bayar jadi bnr2 hrs riset bener2 dan ga Gonta ganti dulu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah Mbak, benar tuh.
      kalau beli yang premium harus yang benar-benar sesuai dengan selera ya karena kan sayang tuh kalau diganti lagi padahal udah beli :D

      Delete
  2. Bener sekali kak template blog ini pengaruh penting banget ya, sayang kalau templatenya nggak cantik orang jadi nggak betah bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Kak, template harus secantik/ganteng pemiliknya biar yang mampir juga jadi betah :)

      Delete
  3. Mantap nih ilmunya 😄 kalo saya memang suka template yang simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Kak, saya juga sukanya yang simple bin gak ribet. :)

      Delete
  4. saya tetap memilih yang fast dan responsive. Karena sampai saat ini biasanya visitor blog kebanyakan mobile. Jadi ya kudu cepat, dan katanya sih kalau cepat mempengaruhi SEO dari sebuah website

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Kak, saya pun juga gitu, responsive tetap yang utama karena kan udah support mobile dan SEO ya, tinggal kontennya juga nih yang harus dipermak lagi :D

      Delete
  5. Makasih tipsnya, Kak Diah.
    Beberapa bulan yang lalu saya ganti template juga, demi membasmi ribuan broken link yang nangkring, hehe. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaaah, broken link tuh juga yang bikin puyeng, hihihih... emang banyak PR ya ngeblog tapi tetap harus semangat :D

      Delete
  6. Untuk pengguna blogspot jangan lupa selalu backup template sebelum nyoba pake template lain, biar pengaturan tampilan yang udah kita set sebelumnya bisa kesimpen

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget Kak, sebelum ganti template emang harus backup dulu, jangan sampai yang baru malah gak sreg aslinya ya.

      Delete
  7. Template blog yg saya pakai di blog saya termasuk template yg loadinnya lambat. Hemm karena minimnya ilmu tentang coding, jadi gak ngerti mau dioprek mulai darimana biar cepett

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gak ngerti coding sih Kang, cuma coba aja ngulik-ngulik dikit via tutorial yang ada, kalau mau coba boleh tuh Kang pakai website tadi saat ganti template kira-kira apa yang kurang lagi ya :D

      Delete
  8. Semangaaatt blogging untuk kita semuaaa
    Yap, template blog memang se-penting ituuu
    gimana caranya dah, supaya blogging activity jadi mengasyikkan yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes setuju Mba, kayak buat rumah jadi nyaman salah satunya dengan ngecat dengan warna yang adem gitu ya :D

      Delete
  9. Bener banget dan menurut saya juga penting buat milih template yang user friendly. Jadi pas edit dan upload jadi mudah dan gampang ya. Pas utak atik juga ga bingung..

    Yuk ah semangat blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget Mbak, kalau user friendly kan tidak hanya orang yang datang saja yang nyaman, kita pun sebagai pemilik rumah eh blog juga lebih nyaman lagi dong ya, jadi makin semangat ngeblognya juga :)

      Delete
  10. Saya baru aja ganti template. Tetapi, belum pernah beli di Etsy. Banyak juga yang merekomendasikan beli di sini. Kayaknya kalau ada niatan mau ganti lagi, bisa saya pertimbangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah Mbak, banyak dan katanya bagus-bagus, supportnya juga bagus dari sellernya, tapi saya belum juga checkout nih template yang disuka :D

      Delete
  11. ghina (ghinarahmatika.com)2 January 2021 at 21:38

    Aku kemarin ikutan pollingnya mbak diah donk. Yeay akhirnya beli template premium yaa.

    Aku nyesel sih nih nggak riset ttg template ini. Soalnya beli template cuma karena minimalis aja tp blm ngeh smaa seo, jadi nggak ada sidebarnya. Huhu

    Semoga ada rejeki lebih tahun ini buat beli yg lebih seorang friendly nih

    Semoga makin berkarya dgn blog baru ini ya mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh ternyata ikut isi polling ya Mbak? makasih ya Mbak :)
      ini masih template lama kok Mbak, sebelumnya udah pernah pakai ini terus karena kemarin galau sempat klak klik asal aja template bawaan Blogger dan lagi-lagi kembali ke sini, sementara yang premiumnya belum kebeli, masih nunggu invoice cair *upss :D

      semoga Mbak juga bisa segera ganti dengan template yang sesuai keinginan (baik Mbak Ghina maupun readers blognya) ;)

      Delete
  12. Aku pun masih cari-cari template blog yang bagus karena yang sekarang masih bisa di-improve banget. Kayaknya mesti rela rogoh kocek juga deh kalau pengin utak-atik sesuai kebutuhan blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Mbak, harus ikhlas rogoh kocok..
      gpplah ya, anggap jadi investasi buat mendatangkan cuan yang lebih banyak lagi ;)

      Delete
  13. dulu suka banget gonta-ganti template, cobain ini itu, pasang template macam-macam. Dan akhirnya pake yang sekarang ini dipake. Paling suka dan sreg dengan template yang clean dan simple, dan gak lupa juga kalo bisa yang mobile friendly. Karena sekarang kebanyakan reader dan pembaca itu ngaksesnya pakai gawai seperti smartphone. Mau gak mau sebagai blogger Kita juga perlu banget buat beradaptasi dan menyesuaikan diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Kak, saya salah satunya lho yang seringnya BW pakai HP :D

      template clean dan simple itu ringan, enak juga lihatnya gak sakit mata :D

      Delete
  14. Aku nih yang suka blog walking pake HP. Klo urusan template kayaknya aku tipe yg gak pernah puas. Pinginnya ganti2 terus. Gak bisa liat barang bagus dikit pasti dah langsung mupeng. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih, tapi kalau keseringan gonta ganti juga gak bagus lho Mbak buat kesehatan blognya, buat kesehatan kantung kita juga (kalau templatenya premium) hihihih

      Delete
  15. waaa aku banget nih, masih sering bw pakai hp. hihih
    memang ya hal yang nggak kalah penting selain konten ya template blog. biar pengunjung makin betah main ke rumah kita, hihi
    aku sejak punya blog baru 2 kali ganti template nih mbak, udah nyaman pakai template yang sekarang :D

    ReplyDelete
  16. Template memang ga bisa dianggap enteng. Template memegang peranan dalam SEO dan juga kenyamanan untuk pembaca. Cita-cita aku punya web seciamik dan secanggih dan secantik webnya New York Times ahahaha.

    ReplyDelete
  17. Bener banget nih mba. Template itu penting banget ya buat blogger. Aku udh beli yang premium tapi sejujurnya kurang sreg gitu sama tampilannya. Dulu belum tau banyak tentang template sih. Mau beli lagi sayang.

    ReplyDelete
  18. Semenjak move on ke WP, sebenarnya lumayan mudah untuk modifikasi template sesuai kebutuhan dan keinginan kita.
    Tapi di blog BS saya yang satunya, saya pakai tema dengan konsep portfolio. Bener banget sih temanya harus bersih dan utamanya harus cepet loadingnya. Hehehehe

    ReplyDelete
  19. responsif dan mobile friendly nih penting banget ya mba karena banyak yang akses dari smartphone.

    ReplyDelete
  20. Bener bgt, suka males kl blogwalking tp blognya lolaaaaa bgt, huhuhu.. Aku dari dulu suka utak-atik blog sampe yg aku rasa nyaman, dan warna putih tetep msh jadi andalan hehehe

    ReplyDelete
  21. Baca ini jadi inget terakhir kali ganti template tuh tahun 2017 wkwkwk itu pun dibantu teman, sebenarnya mau ganti lagi tapi laptop rusak jadi ga bisa akses versi desktop huhu

    ReplyDelete
  22. Kak kalau di Etsy.com itu sesuai dengan kriteria diatas ya? Aku udah dari beberapa bulan lalu mau ganti template nih. Tapi masih mencari-cari rekomendasi hehe

    ReplyDelete
  23. Aku lagi pingin ganti tema juga tapi masih bingung kayak apa yang cocok, khawatir nanti malah lebih kurang nyaman saat loading atau dijelajahi, dst. Galau antara mau di zona nyaman sekarang atau menambahkan kenyamanan baru buat pembaca juga. Makasih pertimbangannya, ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak, daku juga demikian, mau ganti takutnya ada html yang bakal berubah dan bingung lagi nantinya mencari hihi.

      Delete
  24. Template blog itu untukku harus mobile friendly karena pasti kebanyakan orang membaca saat ini dari smartphone, selain itu enggak berat saat dibuka. Pernah soalnya menjumpai beberapa blog yang loadingnya lama banget.

    ReplyDelete
  25. Ya Allah auto inget jaman masih SMA nge log, kursornya dibikin yang warna warning bisa gerak jadinya ngga user friendly karena berat, haha. Alhamdulillah tobat sejak 2013 XD

    ReplyDelete
  26. Udah lama bangeet aku gak urusin blog, jadi sepertinya banyak yg yg harus dimaintain. Urusan template salah satunya, pengen ganti tapi belum siap mental untuk "pindahan" ke template baru 😁

    ReplyDelete
  27. Aku masih galau nih kak soal template blog. Pengennya sih tampilannya kece tapi masih yang gratisan. Wkwk.

    ReplyDelete
  28. Ganti template blog memang kalau bisa jangan keseringan ya, karena akan mengubah html yang telah dipasangi. Soalnya pernah karena iseng jajal gonta ganti, lah jadi ada yang hilang dan bingung balikinnya, 🙈. Akhirnya sekarang belum ganti lagi, nanti aja nunggu saat yang tepat hehe

    ReplyDelete
  29. templatemu cakep mba, aku jadi pengen ganti hahaah
    memang ya harus fastrespon, punyaku belum ada 100 persen nih responnya masih kurang

    ReplyDelete
  30. Iya bener kak. Pernah nih mampir ke blog punya temen, lama kali buka nya. Kalau nggak temenku, palingan udah kututup, nggak lanjut baca.. 😅😅

    ReplyDelete
  31. Wah betul juga kalo mengunjungi sebuah blog kadang loadingnya lama tuh bikin nggak sabar. Blogku tadinya cepet tapi sekarang agak lambat.

    ReplyDelete
  32. Huhu, jadi keingetan blog sendiri. Template udah sejak lama belom diganti. Kayaknya udah lebih dari 5-6 tahun deh. Kepengen banget bisa ganti. Tapinya aku males utak-atik nih. Mana bisa ngaruh ya katanya ke statistik blog? Huhu... aku pemales memang. :D

    ReplyDelete
  33. nah iya betul, ternyat atemplate blog juga mempengaruhi performa blog kita ya :) nice info kak :)

    ReplyDelete
  34. Saya masih setia Template VioMagz buatan Mas Sugeng Mbak, karena Templatenya Responsif dan Mobile Friendly.

    Tapi sudak tak otak-atik dan rombak agar lebih kece tapi dampaknya loading blog agak berat e.

    ReplyDelete
  35. Wah artikel ini berbobot sekali. Sbg bloger, aku merasa tertampar utk lebih ngurusin performa blog, ga cuma nulis haha.. thanks for reminder kak diah

    ReplyDelete
  36. Mbak Diah, terima kasih, tulisannya bermanfaat sekali buat Saya.

    Saya blogger pemula, masih pakai blog gratisan 😁 mau pindah self hosted mo belajar perintilannya dulu seperti template yang mbak Diah tulis ini

    ReplyDelete
  37. jadi pengen ganti juga deh. huhu. tapi galaw. etsi.com ini bagus yaa

    ReplyDelete
  38. Jadi template itu berpengaruh ke pembaca juga ya, Kak?

    ReplyDelete
  39. Baca ini membuatku ingin ganti template. Hehehe
    Nice info mbak, terutama buatku yg awam bgt soal blog.

    ReplyDelete
  40. Ternyata template blog benar-benar punya pengaruh terhadap performa blog ya. Jadi tahu dan penasaran sama template premium. Untuk ceki-ceki dulu sih.

    ReplyDelete
  41. Teteeh...kebetulan Lae baru pakai web hosting dan masih ngulik2 termasuk templatenya nih. Menurut teteh gimana tempilan web laelina.com ? Masih perlu banyak belajar...

    ReplyDelete
  42. Udah lama aku ga ngecek web ku di gmetrix. Gara-gara kesini jadi ngecek lagi deh...penting banget memang milih template yang responsive.

    ReplyDelete
  43. Template blogku udah lama ga diganti nih. Sederhana banget wkwk.. Yang penting isi tulisannya dan mudah diakses, kalo aku sih.

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)