Monday, 8 July 2019

Menulis: Skills yang Harus Terus Diasah

Alohaaa. Sehat semua kan, Temans? Semoga blog ini tidak ngambek ama saya karena sempat menelantarkannya, heheheh. Baiklah, akan mulai mencoba konsisten lagi untuk mengisi blog ini kembali. Semoga saya bisa istiqomah, heheheh.


Kalau ditanya, apa sih hobi saya? Saya akan menjawab menulis dan membaca. Kalau tentang membaca, saya sudah pernah membahasnya beberapa waktu lalu. Jadi kali ini saya ingin cerita tentang menulis yang menjadi kegemaran saya sekaligus yang saya anggap sebagai skills atau kemampuan saya yang terpendam.

Sejak kecil, saya suka menulis. Hmm, mungkin tepatnya corat-coret aja kali ya? Karena sampai sekarang tulisan saya masih ala kadarnya. Masih jauh dari kata bagus. Padahal dari dulu saya bercita-cita ingin punya karya sendiri juga lewat tulisan. Yes, punya buku sendiri itu masih jadi satu impian saya yang belum terwujud hingga kini. 


Satu-satunya hasil tulisan yang saya miliki adalah skripsi, itu juga ada karena menjadi syarat mutlak untuk lulus dari tempat saya mengenyam pendidikan. Mungkin kalau tidak kuliah, saya pun tidak punya yang namanya skripsi itu, hohohoh.

Tahun lalu, lewat sebuah komunitas blog yang saya ikuti, saya mencoba memberanikan diri untuk ikut proyek menulis buku antologi. Namun sayang, saya ternyata belum punya nyali yang cukup untuk menghasilkan sebuah karya. Saya tidak bisa mengumpulkan draft tulisan saya sesuai tenggat waktu yang sudah ditetapkan. Hmm, jangankan draft, judulnya saja saya masih blank saat itu. Sepertinya saya memang belum bisa fokus untuk hal yang satu ini.

pixabay.com

Namun, meskipun demikian saya masih tetap berharap punya kesempatan untuk bisa mewujudkan impian saya itu. Bagi saya, menulis itu suatu skills yang harus terus diasah. Mungkin semua orang bisa menulis di atas kertas, tetapi untuk menghasilkan sebuah karya yang utuh harus butuh perjuangan dan kemauan yang kuat agar bisa mewujudkan impiannya.


Banyak yang bilang kalau menulis itu bisa sebagai self healing. Dengan menulis bisa nenangin diri yang sedang gundah. Karena tidak jarang juga saat ini dari hasil tulisan curhat orang bisa menghasilkan karya, mengemasnya dengan cantik dan membukukan hasil cerita tersebut menjadi layak untuk jadi bacaan yang banyak diserbu pembacanya.

Yaah, begitulah. Setiap skills yang kita miliki itu memang harus selalu diasah agar semakin berkembang. Seperti halnya dengan saya, sebenarnya ingin banget bisa ikut kelas-kelas menulis online tapi untuk saat ini dipending dulu karena merasa belum sanggup untuk membagi waktu dengan kesibukan kerjaan dan mengurus anak-anak. Untuk saat ini, cukuplah menulisnya lewat blog dulu. Alhamdulillah, dari menulis di blog juga bisa bikin happy apalagi jika dapat job review. 😁


Meskipun sekarang belum fokus belajar menulis dengan ikut kelas-kelas khusus tapi tetap belajar otodidak juga koq, baik dari belajar sendiri dengan baca artikel ataupun menyimak sharing dari group-group blog yang saya ikuti. Terkadang di group itu sering sharing antar sesama member jadi bisa ikut belajar juga jadinya.

Kalau Temans apa nih skillsnya? Dan gimana mengasah keterampilannya itu? Boleh dishare juga dong ya agar bisa sama-sama belajar. 😊

1 comment:

  1. Wah saya setuju nih, memang biar bisa bikin tulisan yang keren atau apapun kita harus banyak mengasahnya.
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)