Menulis: Skills yang Harus Terus Diasah

By Diah Alsa - July 08, 2019

Alohaaa. Sehat semua kan, Temans? Semoga blog ini tidak ngambek ama saya karena sempat menelantarkannya, heheheh. Baiklah, akan mulai mencoba konsisten lagi untuk mengisi blog ini kembali. Semoga saya bisa istiqomah, heheheh.


Kalau ditanya, apa sih hobi saya? Saya akan menjawab menulis dan membaca. Kalau tentang membaca, saya sudah pernah membahasnya beberapa waktu lalu. Jadi kali ini saya ingin cerita tentang menulis yang menjadi kegemaran saya sekaligus yang saya anggap sebagai skills atau kemampuan saya yang terpendam.

Sejak kecil, saya suka menulis. Hmm, mungkin tepatnya corat-coret aja kali ya? Karena sampai sekarang tulisan saya masih ala kadarnya. Masih jauh dari kata bagus. Padahal dari dulu saya bercita-cita ingin punya karya sendiri juga lewat tulisan. Yes, punya buku sendiri itu masih jadi satu impian saya yang belum terwujud hingga kini. 


Satu-satunya hasil tulisan yang saya miliki adalah skripsi, itu juga ada karena menjadi syarat mutlak untuk lulus dari tempat saya mengenyam pendidikan. Mungkin kalau tidak kuliah, saya pun tidak punya yang namanya skripsi itu, hohohoh.

Tahun lalu, lewat sebuah komunitas blog yang saya ikuti, saya mencoba memberanikan diri untuk ikut proyek menulis buku antologi. Namun sayang, saya ternyata belum punya nyali yang cukup untuk menghasilkan sebuah karya. Saya tidak bisa mengumpulkan draft tulisan saya sesuai tenggat waktu yang sudah ditetapkan. Hmm, jangankan draft, judulnya saja saya masih blank saat itu. Sepertinya saya memang belum bisa fokus untuk hal yang satu ini.

pixabay.com

Namun, meskipun demikian saya masih tetap berharap punya kesempatan untuk bisa mewujudkan impian saya itu. Bagi saya, menulis itu suatu skills yang harus terus diasah. Mungkin semua orang bisa menulis di atas kertas, tetapi untuk menghasilkan sebuah karya yang utuh harus butuh perjuangan dan kemauan yang kuat agar bisa mewujudkan impiannya.


Banyak yang bilang kalau menulis itu bisa sebagai self healing. Dengan menulis bisa nenangin diri yang sedang gundah. Karena tidak jarang juga saat ini dari hasil tulisan curhat orang bisa menghasilkan karya, mengemasnya dengan cantik dan membukukan hasil cerita tersebut menjadi layak untuk jadi bacaan yang banyak diserbu pembacanya.

Yaah, begitulah. Setiap skills yang kita miliki itu memang harus selalu diasah agar semakin berkembang. Jangan cepat puas dengan apa yang kita dapatkan saat ini. Seperti halnya dengan saya, sebenarnya ingin banget bisa ikut kelas-kelas menulis online baik yang berbayar apalagi yang gratis, tapi untuk saat ini dipending dulu karena merasa belum sanggup untuk membagi waktu dengan kesibukan kerjaan dan mengurus anak-anak. Untuk saat ini, cukuplah menulisnya lewat blog dulu. Alhamdulillah, dari menulis di blog juga bisa bikin happy apalagi jika dapat job review. 😁


Meskipun sekarang belum fokus belajar menulis dengan ikut kelas-kelas khusus tapi tetap belajar otodidak juga koq, baik dari belajar sendiri dengan baca artikel ataupun menyimak sharing dari group-group blog yang saya ikuti. Terkadang di group itu sering sharing antar sesama member jadi bisa ikut belajar juga jadinya.

Kalau Temans apa nih skillsnya? Dan gimana mengasah keterampilannya itu? Boleh dishare juga dong ya agar bisa sama-sama belajar. 😊

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Wah saya setuju nih, memang biar bisa bikin tulisan yang keren atau apapun kita harus banyak mengasahnya.
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  2. Huffft, bener buangeett ini Mak.
    Skill menulis harus terus menerus diasah begitu pula dg skill foto/videografi yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Bener ni, Mbak, saya juga lagi pengen ikutan kelas menulis. Sepertinya kalau dibiarkan terlalu lama, jadi masuk ke zona nyaman dan saya merasa kurang berkembang lagi jadinya....

    ReplyDelete
  4. Sama say, saya juga dulu waktu kecil suka coret-coret, cita-citanya pengen punya karya kayak novel gitu, pas nganggur dulu, saya belum punya laptop atau komputer, saya nulis pakai tangan loh, berlembar-lembar.

    Setelah punya laptop, mau nulis novel kok malas wakakakaka.
    Jadilah menulis di blog saja.

    Kalau mengasah skill saya dengan cara terus menulis dan membaca, dari situ lama-lama tulisan bisa lebih baik lagi

    ReplyDelete
  5. Sepakat. Jangan pernah berhenti belajar krn ilmu itu sifatnya dinamis. Kita bisa tergerus jaman klo ga mau update skill ☺️

    ReplyDelete
  6. aku pun, yang paling ilmiah ya skripsi, tapi aku seneng bgt bisa ngeblog, seenggaknya udah ga malu buat nulis

    ReplyDelete
  7. Betul banget mba. Harus konsisten terus menulis supaya makin jago skill menulisnya. Kalau aku skill nya mungkin bahasa ya, caranya sih sering praktekkin aja ngomong heheheh

    ReplyDelete
  8. Saribet apapun, saya tetap usahakan minimal ada 1 tulisan setiap minggu. Soalnya kalau gak gitu suka kaku lagi. Sama semakin malas untuk memulai.

    ReplyDelete
  9. Kalau ditanya pilih membaca atau menonton, aku tergantung mood kalau sekarang soalnay keduanya aku suka banget.
    Aku juga harus belajar lebih banyak lagi soal skill menulis nih, masing asal & suka-suka aja selama ini.
    Diah juga oleh kok sharing di blog nanti pasti aku baca deh.

    ReplyDelete
  10. skill aku menulis kali yah karena skill lain yang udah kucoba gagal semua hahahaha untunglah nemu blog

    ReplyDelete
  11. Masha Allah motivasi banget ini mah. Mau jadi penulis hebat? jangan lupa konsisten seperti yah mbak haduh bikin aku kesentil. Makasih mbak atas tulisan yag berharga ini :)

    ReplyDelete
  12. Saya juga merasa skillku itu menulis karena saat SD, setiap kali ada lomba mengarang, saya selalu menang, hehehe 😀

    Sekarang kesukaanku menulis saya tuangkan di blog

    ReplyDelete
  13. Aku sungguh gak punya goals apa-apa tentang menulis.
    Hanya digunakan sebagai media bercerita yang asik lalu berinteraksi dengan sesama blogger atau penulis lain di dunia maya.
    Ini cukup efisien membuatku tetap waras.

    ReplyDelete
  14. Kesentil banget baca tulisan ini, aku kadang menulis itu masih sesuka hati, kalo lagi mood nulis ya nulis kalo ngga ya mager huhu.. padahal harus sering sering dilatih ya.. bismillah semoga semakin semangat mengasah

    ReplyDelete
  15. Semakin sering menulis maka semakin terbiasa dan menambah keahlian dalam menulis mbak. Semangat terus, kelak jadi lebih profesional dan kece.

    ReplyDelete
  16. salah satu cara mengasah kempuan nulis dengan cara membaca buku dan mereviewnya, yang gampang kadang nulis2 keseharian anak-anak.. hehehe, tapi kalau nonton saya tipikal gak sabar pengen loncat2 hihihi

    ReplyDelete
  17. Betuuul sekaleee... harus terus diasah nih skill menulis. Bahkan para penulis yang udah menghasilkan puluhan buku pun pada rajin ikutan workshop menulis. Terus upgrade skill agar bisa mengikuti perkembangan dunia menulis dari tahun ke tahun.

    ReplyDelete
  18. Iya mbak, menulis itu kan keterampilan, maka dia harus terus diasah agar keterampilan itu melekat dalam diri kita. Tentu belajar ke seorang guru menulis lebih baik karena dengan demikian kita memiliki pengalaman belajar dari mengikuti kelasnya.

    Semangat ya kak

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)