Pages - Menu

Tuesday, 21 May 2019

Kenangan Ramadhan Saat Masa Kecil

Assalamu'alaikum...
Hari ini masuk Ramadhan hari ke-17 ya Temans. Gak kerasa ya, udah lebih setengah jalan nih masa Ramadhannya.


Biasanya kalau sudah masuk hari ke-17 seperti ini Masjid-masjid kembali ramai karena perayaan malam Nudzulul Qur'an atau peringatan turunnya Al Qur'an sebagai wahyu kepada Rasulullah Muhammad SAW. 

Di malam ke-17 ini juga biasanya dijadikan momen untuk berkumpul antara sesama jamaah untuk mendengarkan pengumuman lomba yang telah diikuti oleh anak-anak dalam memeriahkan bulan Ramadhan.

Alhamdulillah di Kendari sini masih terjaga kebiasaan lomba-lomba Ramadhan gitu. Dan kalau dengar dan lihat pengumuman mengenai hasil lomba Ramadhan jadi auto ingat kenangan masa kecil tentang Ramadhan dulu *belasan tahun yang lalu, upsss* 😄

Berburu Tandatangan Imam/Penceramah
Yang sekolah di era 90-an pasti senang kan ya saat kita dapat libur sebulan karena Ramadhan datang, berbeda dengan anak sekolah jaman now yang tetap sekolah walau Ramadhan. Eetapi, libur sekolah bukan berarti bebas merdeka dari tugas ya! Sebelum masa libur dimulai, guru sudah membagi buku kegiatan Ramadhan yang wajib diisi setiap harinya beserta tandatangan orangtua dan Imam/Penceramah.

google.com

Jadi dalam buku kegiatan itu kita diwajibkan mengisi kegiatan-kegiatan kita selama Ramadhan: puasa, shalat wajib 5 waktu, shalat tarwih dan juga tadarrus Al Quran. Yang uniknya itu di bagian shalat tarwih, harus lengkap dengan nama penceramah dan kesimpulan ceramah dari Ustadz pun tidak lupa wajib mendapatkan tandatangan Sang Ustadz itu. Disini nih nantinya anak-anak akan mengejar Ustadz ataupun Pak Imam agar bersedia memberikan tandatangannya di buku sakti itu, hihihih.

Mengikuti Lomba Kegiatan Ramadhan 
Salah satu hal yang dinanti saat datangnya bulan Ramadhan itu adalah mengikuti lomba kegiatan Ramadhan yang diselenggarakan oleh panitia Masjid kompleks. Ada praktek wudhu, shalat, adzan (khusus bagi laki-laki), hafalan surah-surah pendek, tadarrus Al Qur'an dan lain-lain. Kami akan berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri mengikuti lomba yang ada. Kalau saya sendiri sih dulu sukanya ikut lomba praktek shalat dan tadarrus Al Qur'an. Lalu, pernah juarakah? Seingat saya sih kalah mulu, huhuhuh. Padahal saya yakin, saya telah melakukan yang terbaik dan sudah sesuai sebagaimana mestinya. Tapi sayangnya biasanya cumandapat hadiah harapan saja, Alhamdulillah.

Menjadi Bagian dari Panitia Ramadhan
Ada rasa bangga gitu kalau bisa ikut menjadi bagian dari panitia Ramadhan. Diberi tugas untuk membacakan susunan acara sebelum Shalat Tarwih itu bikin deg-degan, tapi disinilah saatnya melatih diri untuk berani tampil di depan umum.

Alhamdulillah, seperti itulah kenangan masa kecil saya saat Ramadhan. Walaupun pengalaman saya tak semewah anak-anak lain tapi saya sudah merasa cukup puaslah dengan apa yang sudah saya lalui dan ini sering membuat saya tersenyum-senyum sendiri saat mengenangnya kembali. ☺


Wassalam,


Diah


#Day17 #BPN30DayRamadhanChallenge

18 comments:

  1. Hihii aku juga ingat kalau sempat berburu tanda tangan ustad, mba. TRus happy banget pas dapatnya. Hahha. Skarang kayaknya ankku nggak melakukannya lagi. Slalu ada kenangan saat ramadan ketika kecil yaa

    ReplyDelete
  2. Hihi..iya nih..aku dulu ngerasain tuh jaman2 libur sebulan..mantab betul ya..sampai kangen sekolah lagi tuh..hehe..

    ReplyDelete
  3. Iya ya jaman saya dulu setiap Ramadhan dikasih buku tugas. Nulis rangkuman ceramah, solat wajib, dan sebagainya. Semangat banget ya
    Tapi pas anak sekarang ga ada lagi ya kegiatan itu.

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat menjadi panitia juga saat ramadhan in campus. Lagi seneng-senengnya ikutan organisasi di kampus malah diminta jadi ketua ukhti, hihiii

    Seru ya kegiatan kala ramadhan tahun 1990an, minta tanda tangan ustad yang kasih kultum sampai antri

    ReplyDelete
  5. berburu tanda tangan emang jadi momen tak terlupakan ya mba, meski mata ngantuk habis tarwehan aku dulu rela ngantri wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Iyaaa...
    Iya banget.

    Dulu waktu kecil, masjid-masjid terasa hidup karena melibatkan anak-anak sebagai takmir cilik.
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  7. Ikut lomba pasti seru banget nih ya mbak, meskipun kebanyakan juara harapan gpp mbak yang penting jadi memori menyenangkan untuk dikenang hihihihi

    ReplyDelete
  8. Aaah masa kecil yang indaaah.. ingeeet tadarusan rame-rame dan taraweh rombongaaan di masjid

    ReplyDelete
  9. Seru juga kenangan masa kecil Mbak Diah. Saya juga ngalamin harus isi buku sakti Ramadhan, he he. Anehnya anak saya sekarang tidak beroleh kewajiban demikian. Mungkin karena di masjid tiada lagi acara ceramah karena sudah digantikan pada jam dan hari tertentu secara rutin jadinya pola tersebut berganti.
    Selamat lebaran, mohon maaf lahir batin jika ada komentar saya yang tidak berkenan di blog ini. Nuhun.🙏

    ReplyDelete
  10. Hehe jd inget kenangan saat rebutan sampai dorong2an minta ttd sang penceramah..hahaha...padahal kalau mau.licik gurunya jg gak akan tau kalau pke tanda tangan palsu...alhamdulillah sedari.kecil.sdh terjaga ya..hihi..

    ReplyDelete
  11. Buku kegiatan Ramadan ini yang bikin senyum-senyum karena dulu saya sampai demam dikejar anjing pulang tarawih demi mengisi buku Ramadan

    ReplyDelete
  12. Ikut lomba dan jadi bagian dari panitia akupun pernah mengalamai itu saat masa kecil mbak huhu.. jadi kangen masa kecil ya hehe.. tapi memang momen ramadan sejak dulu sampai sekarang selalu dinanti banyak umat muslim dengan kegiatan kegiatan yang menambah pahala tentunya

    ReplyDelete
  13. Kenangan ramadhan masa kecil itu seru banget mba. Sorenya nonton lorong waktu trus taraweh bareng temen skalian jajan. Karena di masjid banyak banget tukang jualan hehe.

    ReplyDelete
  14. Ahahaha aku jg tu berburu tanda tangan setelah sholat teraweh. Kalau diinget2 kok lucu juga yaaa.
    Anak zaman skrng apa masih ada yang berburu tanda tangan imam tarawih ya😁

    ReplyDelete
  15. kenangan ramadhan aku waktu kecil itu rajin banget teraweh buat isi buku amaliah ramadhan dan kejar tandatangan ustad ceramahnya huehehhehe serubanget masa itu pengen ulang hahaha

    ReplyDelete
  16. Buku kegiatan Ramadan gitu masih ada nggak sekarang, ya? Aku lupa deh pernah ngumpulin atau nggak.

    ReplyDelete
  17. hahahaa, amaliyah ramadan. dar yang ngantri minta ttd akhirnya kutingglakan aja di mesjid. besoknya lansung ambil

    ReplyDelete
  18. Kalau di kampungku ada juga lomba melukis. Dan saya ikut. Kalau untuk lomba yang lainnya tidak ikut, karena dijamin kalah.
    Untuk itu buku tanda tangan, punya kenangan sendiri juga. Semua aku palsukan :D

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)