5 Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Ngabuburit

By Diah Alsa - May 06, 2019

Marhaban Yaa Ramadhan!
Alhamdulillah, Ramadhan datang lagi. 
Alhamdulillah pula kita masih diberi kesempatan tuk bertemu bulan penuh berkah ini.



Saatnya kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Melaksanakan ibadah puasa, shalat Tarwih (baik berjamaah maupun sendiri), memperbanyak shalat sunnah, dan segala amalan lainnya pada bulan yang istimewa ini, bulan yang selalu didambakan oleh seluruh umat Islam di bumi ini.

Di bulan puasa ini hendaklah kita mengisinya dengan melakukan hal-hal positif sebanyak-banyak agar dapat menambah amalan kita. Seperti ketika menanti waktu berbuka puasa atau lebih dikenal ngabuburit, disitulah kita bisa melakukan hal-hal baik yang bisa juga menambah amalan kita  daripada bergosip gak jelas jatuhnya ghibah, yekaaan? Mending berbuat baik atau mencari hal positif yang berfaedah buat diri sendiri *dan mungkin juga bagi orang lain*. 😊

Hmm, emang apa aja sih kegiatan yang bisa dilakukan ketika menunggu datangnya adzan Magrib tiba atau istilah kerennya ngabuburit itu? Tenang, banyak koq kegiatan yang bisa kita lakukan sambil ngabuburit, diantaranya nih ya: 

1. Masak
Yups, bagi wanita baik itu emak-emak maupun para remaja bisa mengisi waktu ngabuburit dengan mempersiapkan sajian berbuka puasa. Kalau emak-emak sih jangan ditanya lagi, biasanya mah sejak habis shalat Ashar  bahkan kadang lepas Dzuhur sudah mulai berjibaku di dapur untuk membuat takjil dan menu makan malam sehabis berbuka puasa. Nah, untuk yang remaja bisa banget nih jadikan ngabuburitnya lebih berfaedah dengan belajar memasak. Mencoba resep yang ada atau sekedar membantu Emak mengolah bahan makanan menjadi santapan yang lezat. Masak tidak hanya untuk emak-emak ataupun remaja putri saja kan ya, sekarang zamannya emansipasi jadi gak ada salahnya para pria juga main ke dapur dong ya! 😃

2. Membaca Al Qur'an
dok.pribadi
Tidurnya orang yang berpuasa aja itu sudah bisa dicatat sebagai ibadah, lho. Apalagi jika waktu ngabuburitnya diisi dengan membaca ayat-ayat suci Al Qur'an. Wooow, MasyaAllah banget deh. Bila perlu buat target khusus, one day one juz. Kapan lagi gitu berburu pahala yang berlipat. Kalau di hari-hari biasa di luar Ramadhan kita tidak bisa menyelesaikan satu juz dalam sehari, sudah saatnyalah di bulan Ramadhan ini kita lebih giat lagi mendekatkan diri kepadaNya. Jadikan ngabuburit sebagai momen yang tepat menyelesaikan target tabungan menuju akhirat. Jangan cuma mengejar dunia saja, heheheh.
3. Menonton TV
Biasanya di bulan Ramadhan stasiun-stasiun TV tidak mau kalah untuk mengambil momen kebaikan bulan penuh berkah ini. Jadilah mereka membuat program khusus tentang seputaran Ramadhan ataupun program tayangan religi. Nah, bisa banget itu ngabuburitnya diisi dengan nonton sejarah Islam, atau tempat-tempat penyebaran ajaran agama dan lain sebagainya. Ya kali, mungkin dari tontonan itu bisa jadi inspirasi bagi kita untuk melakukan wisata religi agar tahu lebih dekat dan melihat langsung apa yang kita lihat dari tayangan yang telah kita tonton. 

4. Mendengarkan Ceramah
Kuliah tujuh menit (kultum) biasanya tidak hanya ada di TV saja melainkan di radio pun juga ada. Jadi tidak ada salahnya dong ketika ngabuburit dan mungkin terjebak macet di jalan kita bisa mengisi waktu dengan mendengar ceramah. Meski cuma tujuh menit saja tetap jika kita bisa mengambil hikmah dari apa yang disampaikan itu bisa menjadi bekal kita juga untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. 😇

Baca juga: 5 Ide Menulis Blog yang Banyak Dicari

5. Menjalankan Hobi
pixabay.com

Yes, menjalankan hobi bisa menjadi hal berfaedah juga sambil ngabuburit. Misalnya hobi ngeblog, ya bisa sambil buat blogpost terbaru atau blogwalking untuk sekedar mencari inspirasi dan juga menyambung silaturahmi *plus bisa naikin DA juga lho, hihihih*. Yang hobi menjahit misalnya, bisa banget lho ngabuburitnya diisi dengan menjahit baju lebaran nanti. Punya hobi olahraga?  Yuks dilanjut aja. Puasa itu bukan berarti menghalangi aktivitas kita kan? Bahkan malah jika puasa dan tetap berolahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ya asal jangan dipaksakan juga tenaganya untuk olahraga yang ekstrim. Cukuplah olahraga ringan sekedar mengeluarkan keringat sambil menunggu waktu berbuka tiba. Biasanya sih kalau kita melakukan sesuatu yang kita sukai itu bisa lupa waktu, eeh tahu-tahu sudah bedug aja deh dan saatnya tuk berbuka puasa. 

Nah, itu tadi 5 kegiatan yang dapat dilakukan saat ngabuburit. Bagaimana denganmu Temans? Apa saja yang biasa dilakukan ketika menunggu bedug Adzan Magrib tiba a.k.a ngabuburit? Share disini juga yuks 🤗

Selamat berpuasa yah. 


Cheers,


Diah


#Day1 #BPN30DayRamadhanChallenge

  • Share:

You Might Also Like

19 comments

  1. Dulu sebelum nikah, aku ngabuburitnya hunting takjil hahahaha. Sekarang hunting bahan masakan untuk diolah ckckck. Sampe bingung mau masak apalagi

    ReplyDelete
  2. Wah asik nih ngabuburit dengan cara yang menyenangkan dan menggembirakan .

    Mpo jam tiga sudah masak . Nah kalau jam setengah enam cuma duduk manis di depan tv dengerin ceramah

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat masa kecil. Di perkampungan nununggu magrib bermain di halaman masjid sambil bawa sarung. Ah banyak ceritanya deh. Semua jadi kenangan ketika bulan puasa tiba. khusus nya menunggu waktu berbuka

    ReplyDelete
  4. Memasak masih jadi kegiatan saya saat ngabuburit nih, maklum anak anak sudah mulai berpuasa dan selalu saja ada permintaan menu khusus untuk berbuka puasa, jadi InshaAllah selalu menyediakan menu buka puasa untuk keluarga dirumah.. tilawah nih yang masih kurang

    ReplyDelete
  5. Saya sekarang selalu baper kalau baca kata ngabuburit, semacam menghabiskan waktu buat menanti buka puasa.

    Soalnya saya?
    Waktu mana tuh yang harus dihabiskan, orang belum juga kelar masak, eh udah buka puasa hahaha

    ReplyDelete
  6. Ngga ada pilihan jalan2 cari menu takjil ya? Kan itu yg paling banyak dilakukan org hihihi..

    ReplyDelete
  7. Anak anak mengaji di rumah kami yang biasa berlangsung dari magrib sampai isya, kalau bulan puasa dimajukan jadi setelah ashar sampai jelang magrib tiba. Nah jadi kegiatan ngawuruk santri ini yang jadi ajang ngabuburit kami tiap hari. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Aku kayaknya sibuk dulu buat persiapan masak trus nyambi dengerin ceramah. Urusan beres, ngaji deh :)

    ReplyDelete
  9. Karena jarang masak..ngabuburitku seringnya BW..hihi.. Kecuali akhir pekan..baru deh main2 di dapur ngabuburit ya..

    ReplyDelete
  10. kalau aku biasanya pergi cari takjil motoran sama anak dan suami, seru deh hehe

    ReplyDelete
  11. Saat ini waktu saya banyak di rumah mbak, jadi ngabuburitnya masak buat buka aja.... kalau ada undangan blogger berarti pesan sayur Mateng di tetangga....semoga saya bisa menyempatkan diri membaca Al Qur'an sambil ngabuburit....aamiin.

    ReplyDelete
  12. Aku malah ga pernah lagi nonton tipi. Udah belasan tahun ga punya tipi. Sekarang andalannya nemeni anak2 nonton video di yutub

    ReplyDelete
  13. Bener-bener blogger sejati ya...sambil buka, sambil BW.
    hihii...
    Aku ngabuburit biasanya malah nungguin Babang Goput dateng bawaan makanan.
    Wkkwkwk...

    kalo lagi rajin, masak sendiri..
    Lagi gak rajin, goput aja deeh...

    ReplyDelete
  14. Kalo ada event ya kerja ya, tapi kalo nggak ada sih di rumah aja masak buat si bungsu. Cuma berdua soalnya, jadi kadang malas mau masak ya udah belanja lauk di tetangga, sambil silaturahmi, hihiii

    ReplyDelete
  15. Semuanya sdh biasa dilakukan nih...eh yg nonton tv engga deng. Ga punya tv soalnya..hehe.

    ReplyDelete
  16. Nomor 3 udah jarang banget nih aku lakukan. Banyaknya jalanin hobi. Alhamdulillah deh, kalo ngejalanin hobi yang menghasilkan mah bawaannya jadi semangat terus. Termasuk saat lagi puasa seperti sekarang.

    ReplyDelete
  17. Aku biasanya menjalankan hobi hahahah ya kayk nulis main sosmed nonton film wkwkak menyenangkan ya puasa itu

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah semua kegiatannya berfaedah ya kak , biasanya untuk ngabuburit aku jalan-jalan sama kerja aja sih huhu.

    ReplyDelete
  19. kalau aku nambah lagi, beres2 rumah mbak itu saatnya nyapu ama ngepel dan biar rumah enak pas berbuka

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)