Pentingkah Membuat Kartu Nama?

By Diah Alsa - March 13, 2019

Saya masih ingat ketika kelas 6 SD dulu pernah punya segepok kartu nama yang bentuknya lucu-lucu. Waktu itu memang lagi trendnya punya kartu nama, bahkan anak-anak pun juga punya kartu nama. Kartu nama itu dicetakin oleh Kakak pertama. Perasaannya gimana? Bangga dan senang doong bisa ikut trend dan jadi anak gahol juga di zamannya jadi gak kudetlah karena hampir semua teman sekelas juga punya benda yang satu ini.  Jadilah saya juga bisa ikut bertukar kartu nama antar teman sekelas, padahal mah tempat tinggalnya kebanyakan udah saling tahu secara kami tetanggaan dalam satu kompleks yang sama, hihihih.



Setelah satu paket kartu nama itu habis, saya tidak pernah lagi punya kartu nama hingga akhirnya berubah status menjadi karyawan. Kartu nama itu diberikan di awal menjadi karyawan biar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Apalagi kerjaan saya yang berhubungan dengan vendor-vendor jadilah kartu nama itu bisa dibilang senjata jika bertemu klien apalagi klien baru. Cukup sodorkan kartu nama di awal pertemuan atau saat pamitan. Maka nanti komunikasi pun bisa berlanjut.

Nah, sebenarnya seberapa penting sih membuat kartu nama itu?

Hmm, kalau ada yang beranggapan hari gini ngapain sih masih mengandalkan kartu nama? Repot dan buang-buang duit segala tuk mencetaknya! Kayaknya keliru juga yah tapi gak bisa disalahkan juga sih sebenarnya. Semua itu kan pilihan individu masing-masing. Tapi coba deh lihat dulu keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan keberadaan benda kecil yang satu itu.

1. Terlihat Profesional
Saat ini hampir semua perusahaan besar pasti membekali karyawannya dengan kartu nama. Dengan adanya kartu nama memudahkan seseorang dalam bekerjasama. Kartu nama ini dapat menunjukkan profesionalitas sebuah perusahaan maupun diri seseorang karena di dalam kartu nama itu telah tercantum profile singkat dari yang bersangkutan yang dapat menginformasikan jati diri Si Pemilik kartu nama tersebut.

2. Personal Branding 
Yups, dalam kartu nama jelas tertulis identitas diri sang pemilik. Bisa ditambahkan tagline atau motto hidup yang menggambarkan diri. Sebagai Blogger kita sudah terbiasa kan dengan membranding diri. Ini bisa banget lho jadi modal kita dalam menarik relasi dengan sebuah client ataupun agency untuk bisa bekerjasama dengan kita.


sumber: uprint.id


3. Mengembangkan Jaringan 
Tentu, dengan adanya kartu nama ini lebih memudahkan kita dalam berurusan dengan pihak luar utamanya pihak-pihak yang baru kita kenal di suatu pertemuan. Cukup menyodorkan atau bertukaran kartu nama saja tanpa harus repot mencatat informasi yang dibutuhkan antara kedua belah pihak.

4. Memudahkan Orang Mengingat Kita
Saat menghadiri sebuah event, otomatis kita bakalan bertemu banyak kenalan/relasi baru. Dengan adanya kartu nama dapat memudahkan orang lain untuk mengingat kita. Informasi yang diberikan pada kartu nama sebaiknya yang simple saja: nama, alamat, kontak yang bisa dihubungi (no. telp/HP, alamat, email ataupun website). Bebaskan orang tersebut mencari kita melalui informasi yang telah kita berikan lewat sebuah kartu nama itu.

Gimana? Asyik banget kan ya jika punya kartu nama. Apalagi bagi seorang pebisnis, kartu nama itu bisa jadi modal kita lho. Benda kecil yang ringan, simple, praktis namun punya manfaat lebih. Apalagi sebagai Blogger, penting dong ini untuk membuat kartu nama. Cuss ahh, besok mau pesan kartu nama juga. Secara sekarang kartu nama yang ada itu kartu nama perusahaan, kan gak enaklah pakai kartu nama itu kalau ketemu relasi di luar dari urusan kerjaan, hehehh.


Semoga bermanfaat yah :)


Cheers,




Diah


  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. iya sih. kartu nama memang buat kita terlihat lebih profesional. Tp dri segi fungsi, nampaknya sudah mulai berkurang orng yg menggunakan kartu nama. kecuali instansi tertentu

    ReplyDelete
  2. Bener banget mbak dulu saat sya masih aktif ngajar Juga bikin Kartu nama sampai bolak balik dan didesain secara serius hehehe. . Dan ternyata sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Untuk saya saat ini belum membutuhkan lagi kartu nama. Tetapi semoga ke depannya bisa menggunakan kartu nama dengan jabatannya penulis dan trainer aamiin ☺❤

    ReplyDelete
  4. Saya ngerasa keren banget pas ada customer nanya2 tentang produk yg saya jual lalu setelah ngasih informasi yg dibutuhkan saya kasih kartu nama buat memudahkan beliau mengontak saya. Wah, berasa kayak eksekutif profesional saya waktu itu, hahaha.

    ReplyDelete
  5. Saya juga pernah ngalami masa2 senang bertukar kartu nama hehe. Apalagi saat itu saya aktif di dua bisnis berbeda. Malah dari perusahaannya yang buatkan untuk saya. Jelas bermanfaat. Namun skr sepertinya sudah beralih ya masa2 itu

    ReplyDelete
  6. Dulu, zaman ABG saya juga label nama dan stempel nama. Kalau sekarang, pengen juga punya kartu nama tapi belum keturutan.

    ReplyDelete
  7. Haha iya jaman saya kecil dulu, ngetrend sekali yang namanya martu nama. Saya ingat kakak saya waktu itu punya banyak sekali koleksi kartu nama dari hasil tukaran dengan teman2nya. Ternyata kartu nama ini punya banyak manfaat ya, sayangnya saya sendiri belum punya kartu nama.

    ReplyDelete
  8. Wah, klo bicara kartu nama, jd inhet jaman SD, bikin kartu nm, lalu tukeran sm temen2..hihi sjk SMA udh gak lagi pake kartu nama smpe skrg. Krn mnrtsy fungsinya sdh berkuran. Kcuali mereka yang mmg kantoran dan pofesional dibidang trtnt

    ReplyDelete
  9. Penting juga kartu nama. Walo tidak berkantor saya punya kartu nama juga😊

    ReplyDelete
  10. Dulu ketika msh kecil senang sekali tukar2an label dengan bebagai bentuk dan gbr yg lucu2. Sptnya sy menyimpan beberapa kartu namaku yg dulu.

    ReplyDelete
  11. Kalao sering berhubungan dengan klien kerjaannya sih GPP, wah dulu kecil2 jg pernah bikin kartu nama, iseng utk tukeran kartu nama karena desainnya lucu2

    ReplyDelete
  12. yup bener mbak, setuju dengan manfaatnya sebagai personal branding. tp kadang aku gak terlalu suka siy kasih2 kartu nama apalagi kl mencantumkan nomor HP..suka banyak dapat telp gak jelas..hiks

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)