Manfaat Blogwalking dalam Keseharian

By Diah Alsa - February 06, 2019

Istilah Blogwalking (BW) pasti sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman Blogger sekalian. Blogwalking atau berkunjung ke rumah maya (blog) antar sesama Blogger menjadi satu kesatuan dalam menjalankan aktivitas ngeblog ini.

pexels.com

Bagi saya sendiri ngeblog itu gak asyik kalau gak saling berkunjung. Rasanya seperti punya rumah tapi gak pernah dikunjungi oleh tetangga maupun kerabat, sepi dong yah pastinya? Nah, begitu pun juga dengan blog. Kita menulis di blog itu kan salah satu tujuannya adalah untuk membagikan cerita kita ke sesama. Harapannya sih pasti ingin orang lain juga membaca tulisan kita, cerita kita, kemudian berbagi komentar ataupun tanggapan atas cerita tersebut. πŸ€—

Segala sesuatu pasti punya manfaat kebaikannya, sama pula dengan aktivitas Blogwalking ini. Memangnya apa saja sih manfaat dari Blogwalking dalam kehidupan (ngeblog) kita sehari-hari?

1. Ajang Silaturahmi; Berbagi Info juga Ide 
Yups, seperti yang saya bilang di awal tadi kalau aktivitas Blogwalking itu sama saja dengan kunjungan kita ke rumah maya dalam hal ini blog antar sesama Blogger. Dengan berkunjung kita bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai sesuatu hal yang mungkin kita belum ketahui sebelumnya. 

Mengunjungi blog orang lain, kita juga bisa melihat bagaimana pendapatnya tentang suatu hal yang tentunya dilihat dari kacamata si Pemilik blog tersebut. Terkadang dengan Blogwalking itu sendiri kita menemukan ide untuk untuk menuliskan hal yang sama tapi tentu dengan versi berbeda sesuai kacamata kita sendiri. 

Tidak jarang dengan aktivitas Blogwalking ini kita juga bisa mendapatkan rejeki yang sama dengan si Pemilik blog yang kita kunjungi tadi. Ayoo, siapa coba yang gak mau dapat keuntungan seperti ini?


2. Meningkatkan Statistik Blog
Tentu akan ada timbal balik dari kegiatan Blogwking itu sendiri. Ketika kita telah berkunjung ke blog orang lain, yakin cepat atau lambat kita pun akan menerima kunjungan balasan dari blog-blog yang telah kita kunjungi sebelumnya. Hal ini tentu saja akan membuat statistik blog kita menjadi bertambah pula. 

Bagi yang sudah memonetize blognya, dengan meningkatnya statistik blog tentu akan berpengaruh pula pada nilai Google Analytic (GA), Domain Authority (DA) maupun Page Authority (PA) yang biasanya dijadikan syarat dalam hal tawar menawar harga sebelum deal suatu job review. Semakin tinggi nilai itu semua, makin kesempatan mendapatkan fee yang nilainya tinggi pun akan semakin terbuka lebar.


3. Sarana Promosi Blog
Bagi blog baru, tidak ada salahnya rajin menebar link dengan jalan Blogwalking dan mengikuti group-group Blogger yang sudah banyak beredar karena dengan itu semua kita pasti akan mendapatkan manfaat untuk blog kita sendiri. 

Begitu pun juga dengan blog lama, jangan cepat puas dengan apa yang kita telah terima saat ini karena semakin sering kita melakukan Blogwalking, semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke blog kita. Apalagi sekarang sudah ada juga lho WAG khusus untuk aktivitas Blogwalking ini. Eiits, tapi jika ada yang tidak melakukan kunjungan balik ke blog kita jangan jadi beban pikiran atau baper yah, yakin deh akan lebih banyak Blogger lain yang akan berkunjung ke blog kita. Apalagi jika blog kita selalu menyajikan hal up to date yang sedang kekinian atau viral. Jadi, tetap aja untuk terus Blogwalking ya. 

Berikan komentar yang sesuai dengan apa isi blog yang kita kunjungi dan tentunya jangan lupa mempromosikan blog kita dengan memberi alamat yang benar, jangan sampai kita salah menuliskan alamat. Nanti orang akan kesasar jika ingin berkunjung balik karena alamat palsu, heheheh.

******

Nah, kurang lebih seperti itulah manfaat Blogwalking dalam keseharian kita. Ada yang ingin menambahkan atau berbagi cerita tentang Blogwalking juga? Feel free to share yaah. Jangan lupa BW ke blog saya yang satunya juga yah *teteup promosi* 😁

#Day2 #SETIPWithEstrilookCommunity



Cheers,


Diah

  • Share:

You Might Also Like

31 comments

  1. Betul banget mbak yg point pertama, kadang kita menemukan ide-ide menulis hasil dari berkunjung ke blog oranh lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Mbak heheh.. bisa sharing ide jadinya ya, atau mungkin klo sering punya kesamaan bisa berkolaborasi :D

      Delete
  2. Saya kalau lagi mampet ide, biasanya segera blogwalking. Dan, memang cara ini merupakan salah satu cara untuk mendulang ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cari kesamaan di Mak, idenya pun langsung nongol :D

      Delete
  3. Jadi silaturahmi di dunia nyata maupun maya teteup aja ada jalan rezekinya ya mba diah, hihi ^^

    ReplyDelete
  4. Setuju banget mbak. Setelah beberapa kali ikutan BW Estrilook Community, blog saya juga jadi mulai mengalami kenaikan DA dan PA, meski sedikit demi sedikit. Sebelumnya blog saya gak keurus, hwkwwkkk...
    Jangan lupa mampir yaaaa, ke https://www.bundamami.com/
    Jadi ikutan promosi, mumpung tulisannya tentang BW, hwkwkwkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih sebisa mungkin BW balik doong Mbak, malah jadi wajib BW balik kalau udah ada yang mampir di blog hehehh.

      Delete
  5. Setuju sama semua point tentang blogwalking. Aku aja yang baru seumur jagung TLD ga nyangka pas cek nilai DA PA alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo Mbak, semangaat.
      blogku yang ini juga malah seumur apa yaaa? bukan biji jagung lagi secara blm sebulan hihihih

      Delete
  6. Yap betul banget mba. Banyak yang saya rasakan dengan BW ini selain nambah pertemanan, PV naik, sarana promosi pun brtambah, kalo hanya memanfaatkan medsos aja seperti ada yang kurang yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah sering lupa ngeshare di medsos Mbak :D

      Delete
  7. Betul mbak dengan rajin BW ke blognya tetangga, kita bisa dapat ide untuk menulis. Dan juga bisa saling menambah wawasan dan ilmu

    ReplyDelete
  8. Setuju mbak.. Dan ternyata BW Juga terbukti bisa meningkatkan DA blog kita ya... Makanya skrng sya selalu menargetkan BW prrhari minimal banget 5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeeess Mbak, ayooo Mbak semangat dan konsisten BW nya yaaah ;)

      Delete
  9. Meningkatkan statistik blog, tujuanku banget, selain itu, kita jadi kenal dengan sesama blogger dan berbagi niche blog yang mereka miliki begitu juga dengan tulisan-tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr banget Mbak, makanya BW itu penting banget karena kita jadi bisa saling berbagi :)

      Delete
  10. Yup, rasanya ada yang kurang yang kalau kita nggak BW, kalau tambahan dari saya; banyak ilmu atau pengetahuan juga yang bisa kita dapatkan dari aktivitas blogwalking ini😊 #happyblogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuuu Mbak, sehari pokoknya harus BW lah yaaah, biar tambah ilmu juga, gak kudet hihihih

      Delete
  11. setuju mbak. berkunjung dan menjalin silaturahmi itu mendatangkan rezeki yaitu berupa ide, informasi dan pertemananan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah Mbak, rezeki itu gak cuma dalam bentuk financial aja yah :)

      Delete
  12. Setuju dengan poin nmr 1... menambah ilmu juga dan jadi terinpirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ilmu itu harus selalu dicari ya Mbak, BW salah satu cara mencari ilmu :D

      Delete
  13. Setuju banget sama tulisan ini, saya merasakan hal yang sama. Membuat persaudaraan semakin banyak, blog juga naik trafficnya ...

    ReplyDelete
  14. Aduh, Mbak. Cantik banget blognya. Ini pengaturannya bsgabagai, ya?
    Oh, iya. BW itu ibarat bertamu dan mengundang kawan-kawan untuk bertamu juga ke rumah kita

    ReplyDelete
  15. setuju mbak, saya sudah merasakan ketiga manfaat itu. dari blog bisa kenal dunia. wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Sebelum berkomunitas, saya udah ngeblog tapi gak rutin. Ga kenal blogwalking. Setelah kenal berbagai komunitas blogger, barulah saya sadar akan pentingnya BW. Bener semua tuh yg Mbak sampaikan :)

    ReplyDelete
  17. Yup, klo gak ada bw berasa sepiii blognya. Makanya sekarng rajin ikut bw

    ReplyDelete
  18. betul mbak ... ibarat tetanggan di komplek masak ya nggak saling sapa ya hihihi

    ReplyDelete
  19. Kemaren2 saya sering mengabaikan kesempatan BW. Namun setelah tau manfaatnya...heheh saya berusaha jangan sampai ketinggalan kesempatan BW😊😊

    ReplyDelete

Thanks for Reading^^

Feel free to share your Comment :)